5 Teknologi Luar Biasa Yang Nggak Bisa Digunakan | Breaktime
5 Teknologi Luar Biasa Yang Nggak Bisa Digunakan
27.02.2017

Saat ini percaya atau tidak, B’timers pasti sedang memegan ponsel ataupun laptop. Yap, di era saat ini sepertinya dua teknologi tersebut sangat dibutuhkan. Tak hanya itu, televisi, transportasi, dan masih banyak lainnya juga jadi teknologi yang semakin mempermudah kehidupan manusia. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua teknologi yang telah diciptakan bisa digunakan oleh manusia.

Ternyata ada beberapa teknologi yang telah diciptakan dan itu tidak bisa digunakan oleh manusia. Lalu apa penyebab teknologi-teknologi tersebut tidak bisa dipakai? Breaktime sudah merangkum setidaknya 5 teknologi mengagumkan yang tidak berfungsi.

Di abad pertengahan, pedang yang dimiliki oleh orang-orang pada masa itu dikenal dengan Baja Damaskus. Senjata ini diproduksi di Timur Tengah dengan menggunakan bahan baku utama wootz. Baja Damaskus ini sangat kuat bahkan bisa digunakan untuk memotong pedang lain. Mengapa demikian? Yap, ini karena ternyata baja tersebut memiliki kandungan karbon yang sangat tinggi.

5 Teknologi Luar Biasa Yang Nggak Bisa Digunakan | Breaktime
Damascus Steel

Meskipun bahan-bahan pembuatannya sudah bukan rahasia umum lagi, orang-orang tetap tidak tahu bagaiman orang Arab abad pertengahan bisa membuat senjata tersebut. Bahkan banyak cerita yang menyebutkan bahwa hanya pedang dari Baja Damaskus yang bisa membunuh seekor naga. Sayangnya, baja super ini musnah pada tahun 1750 setelah masehi.

Selanjutnya adalah kaca fleksibel yang ternyata benar-benar ada pada masa Roma Kuno di bawah pemerintahan Kaisar Tiberius. Itu bermula dari sang Kaisar yang meminta untuk dibuatkan botol kaca. Saat botol tersebut dilempar ke tanah justru tidak hancur dan kembali seperti bentuk aslinya.

Namun sayangnya sang pembuat kaca terbunuh dan semua hasil penemuannya dibakar karena sang Kaisar takut penemuan ini bisa melemahkan nilai emas dan perak pada masa itu. Di tahun 2012, perusahaan keramik Amerika memperkenalkan produk baru mereka Willow Glass yang juga merupakan kaca fleksibel. Hanya saja bedanya kaca buatan Amerika ini tidak bisa kembali ke bentuk semula.

5 Teknologi Luar Biasa Yang Nggak Bisa Digunakan | Breaktime
Jan Sloot penemu sistem pengkodean

Sloot Digital Coding System jadi penemuan selanjutnya yang nggak akan pernah bisa Anda gunakan. Kok bisa? Yap, ini karena sang penemu telah meninggal dunia karena serangan jantung. Jan Sloot hadir di awal tahun 90an dengan teknik kompresi data revolusioner yang mampu mengkompres film 10 GB menjadi hanya 8 KB tanpa kehilangan kualitasnya.

Sampai ahirnya hal ini menarik perusahaan Philips untuk bekerja sama. Namun, hal itu pupus karena Sloot terkena serangan jantung saat akan menandatangani kontrak. Disket yang berisi sistem pengkodean itu pun hilang dan tak pernah ditemukan.

Kalau di tahun 1980an ada seorang ilmuwan amatir Maurice Ward datang dengan sebuah penemuan yang memiliki kemampuan fantastis untuk bidang astronomi. Ward menciptakan plastik tahan panas yang mampu bertahan hingga suhu 10.000 derajat Celcius. Penuman tersebut disebut dengan Starlite, bahkan plastik tersebut mampu menahan dampak kekuatan 75 bom Hiroshima. Sayangnya pada tahun 2011, Maurice meninggal dan banyak ilmuwan yang ingin meniru penemuan ini tetapi tetap tak bisa.

5 Teknologi Luar Biasa Yang Nggak Bisa Digunakan | Breaktime
Pilar besi di Qutb Delhi

Penemuan yang terakhir adalah tiang besi yang berdiri kokoh di Qutb Delhi, India. Tiang besi ini memiliki tinggi 7 meter dan diameter tiang 40 cm. Apa yang istimewa dari tiang besi ini? Tahukah Anda bahwa ternyata tiang besi ini usianya sudah mencapai 1.600 tahun dan berdiri di tempat terbuka dengan sorot sinar matahari langsung. Ajaibnya, tiang besi ini tidak sedikitpun mengalami pengkaratan.

Banyak perkiraan muncul, salah satunya bahan yang digunakan merupakan 98% besi tempa kualitas murni. Selain itu juga, dari pengolahan, strukturm dan sifat besi. Para ilmuwan masih terus meneliti pilar besi.

Nah, setelah mengetahui penemuan-penemuan tersebut, bagaimana menurut B’timers? Ternyata penemuan teknologi luar biasa yang sekarang ditemukan belum ada apa-apanya dibandingkan dengan 5 teknologi luar biasa tersebut, ya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE