5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata
17.10.2015

Tidak hanya sekadar di dalam konsep atau imajinasi para animator film kartun saja, para sutradara film bertemakan fiksi juga sering memunculkan banyak imajinasi berupa gadget atau peralatan yang berteknologi tinggi.

Walaupun dulunya banya orang yang beranggapan bahwa apa yang ditampilkan dalam film-film fiksi tersebut adalah menjadi satu hal yang tidak mungkin untuk terwujud di dunia nyata, ternyata anggapan itu salah karena ada beberapa gadget dan peralatan tersebut yang kini sudah berhasil dibuat.

Gak percaya? Berikut ini adalah beberapa gadget yang awalanya hanya ada di film dan akhirnya berhasil dibuat di dunia nyata.

Robotaxi

5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
Kabarnya, Silicon Valley di Amerika Serikat juga menggunakan taksi robot ini

Jika B’timers pernah menonton film yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger dalam film Total Recall, di mana pria kekar tersebut menaiki sebuah taksi yang dikemudikan secara otomatis oleh robot. Ternyata taksi robot tersebut benar-benar ada dan digunakan di Masdar City, Arab Saudi. Alat transportasi tersebut dinamakan “2GetThere.”

Face Scanner

5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
Samsung juga mempunyai teknologi serupa dan telah diaplikasikan dalam produk smartphonenya

Dalam film Minority Report yang dibintangi oleh aktor ganteng Tom Cruise ada sebuah perangkat elektronik canggih yang dapat mendeteksi wajah seseorang. Ternyata tidak harus menunggu sampai berpuluh-puluh tahun, teknologi face scanner tersebut kini sudah tercipta dan kabarnya sudah digunakan di beberapa airport di banyak negara maju di dunia.

Exoskeleton

5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
Kabarnya, dengan menggunakan tulang robot ini, kekuatan manusia akan menjadi berlipat ganda

Salah satu anggota The Avengers, yaitu Iron Man adalah mahakarya dari seorang biliuner, Tony Stark. Baju zirah Iron Man tersebut mampu melipatgandakan kekuatan manusia dan menjadikannya seperti manusia super. Mungkin terinspirasi dari film satu ini, salah satu divisi pertahanan di Amerika Serikat telah membuat prototipe dari pakaian perang tersebut yang kabarnya akan terus dikembangkan untuk dapat digunakan ketika berperang.

Holographic Display

5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
Dengan terciptanya teknologi ini, maka seseorang dapat melakukan banyak hal walaupun sedang berkendara

Masih seputar barang-barang canggih milik Tony Stark, selain baju zirah Iron Man, ada layar dengan tampilan hologram yang ditampilkan dalam film The Avengers atau Iron Man. Dan ternyata sebuah perusahaan bernama Pionerr Corp yang sedang dalam proyek pengembangan layar hologram yang nantinya akan digunakan sebagai tambahan di kaca mobil. Kabarnya, sih, layar hologram ini mulai dipasarkan sekitar tahun 2018 an.

Robot yang punya otak sendiri

5 Teknologi Fiksi yang Telah Dimunculkan di Dunia Nyata | Breaktime
Robot jenis ini kabarnya akan digunakan untuk misi peperangan atau membantu korban bencana alam

Di film Hollywood berjudul Terminator, pastinya B’timers semua tahu bahwa ada sebuah robot yang dapat bekerja sendiri tanpa dikendalikan dari jauh untuk menyelesaikan misi yang diemban. Nah, di dunia nyata ternyata juga sedang dikembangkan robot sejenis yang dapat bergerak sesuai dengan keinginannya sendiri, seperti pesawat dronik UAV atau robot berbentuk tank bernama MAARS.

Menurrut B’timers, adakah robot-robot atau teknologi lain yang terinspirasi dari film fiksi dan kini telah tercipta?

Share This Article