5 Software Wajib Tahu Sebelum Masuk Dunia Kerja | Breaktime
5 Software Wajib Tahu Sebelum Anda Masuk Dunia Kerja
25.01.2016

Setelah lulus sekolah atau kuliah, tentunya B’timers ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sudah diharapkan. Sayangnya, masih banyak yang belum mempersiapkan diri mengenali berbagai software yang akan digunakan di dunia kerja. Padahal, semua ini bisa jadi salah satu faktor Anda tidak diterima di sebuah perusahaan, lho. Nah, ini nih deretan software wajib tahu sebelum masuk dunia kerja yang dapat membantu Anda dalam proses seleksi nantinya.

5 Software Wajib Tahu Sebelum Masuk Dunia Kerja | Breaktime
Mengenali software ini bisa menonjolkan diri Anda dibanding yang lain, lho!
  • Microsoft office suites 

‚ÄčDi antara seluruh software yang ada Microsoft Office Suites menduduki peringkat pertama dari software wajib tahu sebelum masuk dunia kerja. Setidaknya B’timers harus menguasai teknik dasar dari pengetikan hingga ke spreadsheet. Dunia kerja akan sangat membutuhkan kemampuan Anda satu ini nantinya untuk membuat surat, mencatat anggaran, dan lain sebagainya.

  • E-mail software

Anda akan dihadapkan dengan banyak email dalam dunia kerja, ada kalanya Anda akan mengirim email entah ke client, atasan, maupun rekan kerja. Membuka email melalui software internet memang mudah, namun akan lebih mudah jika B’timers menguasai e-mail software seperti Mailbird dan Windows Live Mail. Secara langsung, Anda bisa mengirimkan serta menerima e-mail melalui aplikasi tersebut. Pekerjaan B’timers akan lebih cepat terselesaikan karena tidak susah mengecek e-mail berkali-kali.

  • Graphic and desktop publishing software

Meskipun termasuk dalam software yang sering B’timers abaikan, ternyata software untuk publishing dan mengedit gambar ini sangat dibutuhkan juga, lho! Dalam dunia kerja tidak hanya berkaitan dengan tulisan dan angka saja, terkadang dibutuhkan grafis untuk membuat brosur, spanduk, dan sebagainya. Jadi tidak ada salahnya untuk mempelajari software satu ini.

  • Specialty software

ini berkaitan dan mendukung keahlian B’timers, seperti program CAD, program animasi, hingga program akuntansi. Program ini lebih spesifik dan tentunya berdasarkan pada bidang pekerjaan yang benar-benar Anda tekuni. Tentunya B’timers akan mendapatkan nilai plus jika lebih ahli menguasai program keahlian Anda. Karena software tersebut memiliki tingkat kesulitan dan perlu keahlian khusus.

Jika B’timers setidaknya mengetahui dan menguasai beberapa dari deretan software wajib tahu sebelum masuk dunia kerja tersebut, maka bisa dipastikan curriculum vitae Anda lebih menarik dibandingkan pelamar lainnya. Pelajari di waktu senggang Anda atau sebelum B’timers lulus untuk membantu Anda di dunia kerja. Selamat belajar! (ft)

Share This Article