5 Rahasia Laptop Lebih Panjang Umur | Breaktime
5 Rahasia Laptop Lebih Panjang Umur
27.10.2015

Apakah B'timers memiliki rutinitas harian yang berhubungan dengan laptop? Apabila iya, itu berarti laptop adalah benda vital yang kondisinya harus tetap dalam keadaan prima. Selain menggunakannya secara berhati-hati serta menghindarkan dari bahaya, perawatan yang tepat juga penting dilakukan agar laptop Anda berusia lebih panjang dan awet. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara merawat laptop, berikut tipsnya :

1. Gunakan baterai secara sehat

Yang dimaksud secara sehat adalah menggunakan baterai sampai habis dan kemudian Anda isi sampai penuh. Setelah sudah terisi penuh, lepaskan kabel charger agar batrai tidak terus menerus terisi. Jangan memaksakan dalam menggunakan baterai, jika ada task yang berat seperti render maupun gaming, task yang memerlukan kinerja laptop secara maksimal jangan memaksakan penggunakan baterai, lebih baik charger tetap dicolok untuk menambah energi.

2. Bersihkan layar dengan cairan khusus

Gunakan pembersih yang khusus untuk digunakan pada layar. Jangan gunakan air atau kain yang tidak ditujukan untuk membersihkan layar. Pembersih khusus untuk layar memiliki kandungan yang ramah pada layar sehingga tidak akan terjadi korsleting saat dibersihkan. Selain itu, gunakan kain khusus yang berguna untuk menyerap air dan menghilangkan kotoran pada layar.

3. Gunakan pendingin

Memang benar, setiap laptop sudah dilengkapi dengan kipas yang berfungsi sebagai pendingin agar prosesor serta perangkat lainnya tidak overheat saat digunakan. Akan tetapi, penggunaan maksimal sebuah laptop akan membuat prosesor dua kali cepat panas. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan kipas tambahan agar proses pendinginan lebih cepat dilakukan. Tujuannya adalah, agar komponen di dalam laptop berusia lebih panjang. Karena laptop yang cepat panas atau sering panas cenderung dapat merusak komponen dalam laptop.

5 Rahasia Laptop Lebih Panjang Umur | Breaktime
Penggunaan dalam mode normal saja, suhu prosessor bisa mencapai 40 derajat lebih.

4. Hapus cache

Setelah merawat laptop dari luar, perawatan dari dalam juga penting dilakukan. Menghapus history browser, cache software, atau uninstal software yang tidak dibutuhkan karena dapat membebani hard disk sehingga mengurangi umur hard disk itu sendiri. Menghapus file tersebut juga agar laptop lebih ringan dalam melakukan pekerjaannya. Ketika itu dilakukan, maka risiko overheat pada laptop akan semakin mengecil.

5. Terapkan Kesehatan Keselamatan Kerja

K3LH adalah singkatan dari kesehatan keselamatan kerja dan lingkungan hidup. Penarapan K3LH pada penggunaan laptop adalah mematikan laptop sesuai prosedur jangan asal cabut atau tekan tombol power, jangan menggunakan laptop di sembarang tempat, atau menggunakan laptop secara wajar. Mungkin terlihat sepele, akan tetapi ini akan sangat berguna saat usia laptop sudah memasuki 2 tahun lebih.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Main Game

Itulah beberapa tips yang bisa B'timers lakukan agar usia latop lebih panjang dan tidak cepat rusak. Cukup mudah dilakukan, akan tetapi manfaat yang didapat sangatlah besar.

Share This Article