5 Profesi yang Akan Hilang Karena Teknologi Berkembang | Breaktime
5 Profesi yang Akan Hilang Karena Teknologi Berkembang
25.01.2018

Pernah ngebayangin nggak suatu hari nanti pekerjaan yang kamu lakukan sekarang bisa digantikan dengan teknologi super canggih? Di mana tenaga manusia udah nggak dibutuhkan lagi. Seperti di dalam kebanyakan film masa depan yang beredar, bisa jadi nyata. Tanpa kita sadari, beberapa profesi tersebut pelan-pelan udah digantikan dengan kecanggihan teknologi. Kita kulik, yuk profesi apakah itu.

1. Teller di Bank


Teller bank (image-newsapi.com)

Kehadiran mesin ATM pun sebenarnya sudah mengurangi fungsi teller di sebuah bank. Mulai dari transfer, ambil uang, bayar tagihan bulanan dan lain sebagainya. Apalagi, kecanggihan mobile banking di ranah perbankan semakin menjadi-jadi. Diperkirakan juga, nih kalau prospek 10 tahun dari tahun 2014 sampai 2024 adalah pekerjaan teller akan turun sebesar 8%. Waw, siap-siap kamu bakalan kehilangan momen berinteraksi sama mbak-mbak dan mas-mas teller yang cantik dan tampan, nih.

2. Pegawai Pos


Pegawai pos sedang melayani customer (image-pojoksatu.id)

Selain kegiatan surat-menyurat yang udah jarang banget dilakukan, fungsi kantor pos sekarang lebih ke pengiriman barang, dokumen, dan lain sebagainya. Kantor pos juga mulai tergerus dengan beragam perusahaan swasta yang menawarkan jasa pengiriman barang. Bahkan bisa sampai dalam hitungan jam aja. Kebayang kan gimana berkurangnya pekerjaan sebagai pegawai kantor pos sekarang?

3. Pustakawan


Pustakawan (image-bp.blogspot.com)

Zaman kita sekolah dulu, petugas perpustakaan adalah orang yang paling dicari di perpustakaan. Nggak kebayang kalau nggak ada mereka, kita bakal kelimpungan nyari buku yang kita mau. Nah, sekarang pekerjaan mereka ini dilakukan dengan baik juga oleh teknologi yang menjadi ancaman terbesar. Buku fisik mulai tersingkir dengan kemunculan e-book. Kalau kamu masih nyaman dengan buku rilisan fisik atau e-book? 

4. Kasir


Pelayan kasir (image-distbrtain)

Robot dan teknologi digadang-gadang akan mewakili pekerjaan sebagai kasir. Mungkin karena butuh kecepatan dan ketelitian sempurna, robot semakin dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Yah, nggak bisa minta diskonan lagi, nih sama mas dan mbak kasir :(

5. Travel Agent


Travel agent (image-shutterstock.com)

Dengan kemudahan booking online tiket hotel dan pesawat di mana-mana semakin membuat fungsi agen travel berkurang. Ditambah travel blogger yang mengabadikan momen lengkap dengan list budget seluruh akomodasi dan lokasi mana aja yang mau dituju. Semakin mudah bukan? Dan semakin hilang fungsi dari pekerjaan yang berhubungan dengan kemudahan tersebut.

Canggihnya era digital semakin mempermudah seluruh apa yang kamu mau. menyamarkan kebutuhan dan keinginan. Jadi, semakin berkembangnya zaman dan teknologi, ya intinya manusia harus semakin pintar dan jangan sampai tergerus oleh zaman. Setuju?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE