Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
5 Ponsel Jadul yang Menjadi Ikon Teknologi Selular Pertama Kali
04.12.2015

Sebelum era gadget yang sangat canggih seperti sekarang ini, pastinya B’timers juga pernah menggunakan alat komunikasi portable yang disebut dengan nama ponsel atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah feature phone.

Dalam beberapa tahun sebelum ini, ketika masa ponsel berjaya, banyak vendor di dunia bersaing untuk memproduksi perangkat komunikasi tersebut walaupun bentuknya masih terlalu tebal dan tidak dilengkapi dengan berbagai kecanggihan teknologi seperti yang dimiliki kebanyakan smartphone saat ini.

Menjadi satu hal yang menarik jika B’timers mencoba melongok kembali ke beberapa tahun sebelumnya untuk melihat apa dan seperti apa sih, ponsel-ponsel iconic yang menjadi cikal bakal era smartphone seperti sekarang.

Tidak perlu berlama-lama, berikut ini adalah daftar ponsel iconic yang pernah diciptakan:

Motorola DynaTAC

Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
Ponsel satu ini sangat laris manis di pasaran Amerika Serikat di tahun 1984-an

Dapat dikatakan bahwa perangkat telekomunikasi yang bentuknya besar dan mirip dengan alat walkie talkie ini merupakan ponsel pertama yang dibuat dan digunakan di dunia. Diciptakan leh Motorola pada tahun 1984, Motorola DynaTAC membutuhkan waktu 10 jam untuk pengisian ulang, baterainya mampu bertahan selama 30 menit untuk bicara, dilengkapi dengan layar LED, memiliki bobot 1,1 kg dan hanya mampu memuat 30 nomor telepon. Harganya pada tahun tersebut adalah USD 3,995.

Nokia 3310

Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
Ponsel satu ini sering digunakan sebagai bahan sindiran, ejekan atau meme di internet

Sebelum menciptakan ponsel lain yang berdesain futuristik sampai dengan generasi Lumia, Nokia pernah merilis satu ponsel iconic yang bernama Nokia 3310. Popularitasnya dari ponsel yang pertama kali dirilis pada tanggal 1 September 2000 tersebut sangat menjulang. Bahkan tercatat ada lebih dari 126 juta unit terjual di seluruh dunia.

Ericsson T28

Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
Ponsel satu ini merupakan perangkat telekomunikasi portable pertama yang menggunakan desain flip

Selain dikatakan sebagai ponsel dengan desain flip pertama, Ericsson T28 juga dapat disebut sebagai perangkat komunikasi portable yang sangat ringan dan tipis di kelasnya, yaitu memiliki bobot hanya 81 gram saja.

Siemens SL45

Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
Siemens SL45 dirilis pertama kali pada tahun 2001 dan kemudian seri selanjutnya bernama SL45i

Hampir semua produk dari Siemens memiliki kelebihan dari sisi kekuatan atau tahan benturan. Yang menjadi icon dari perusahaan satu ini adalah Siemens SL45. Ponsel ini merupakan perangkat komunikasi portable pertama yang dilengkapi dengan memory expansion, MP3 player dan Java virtual machine.

Samsung SCH-V200

Ponsel Jadul Ikon Teknologi Selular Pertama Kali | Breaktime
Ponsel satu ini diluncurkan untuk pasaran Korea Selatan dan sangat digemari di zamannya

Samsung SCH-V200 adalah ponsel pertama yang menggunakan kamera di bagian belakang untuk pertama kali yang dirilis pada bulan Juni 2000. Ponsel dengan desain flip ini menggunakan kamera yang memiliki resolusi 0,35MP.

Setelah produk-produk kamera tersebut beredar, dari tahun ke tahun, banyak produk dengan pengembangan dan teknologi terbaru bermunculan, sampai di era smartphone seperti sekarang. (das)

Share This Article