5 Pelaku dan Kasus Hacking paling Fenomenal | Breaktime
5 Pelaku dan Kasus Hacking paling Fenomenal
30.01.2016

Membicarakan tentang teknologi, tentu saja tak terlepas dari kasus hacking atau pembajakan digital. Hingga saat ini, tak sedikit kasus hacking yang menghebohkan dunia, mulai dari pencurian data pribadi hingga data rahasia sebuah lembaga pernah terjadi. Tapi, siapa saja ya hacker yang memiliki kasus paling fenomenal dan menghebohkan? Berikut ulasannya.

Jonathan James

Di internet, Jonathan James lebih dikenal dengan nama c0mrade. Jonathan menjadi terkenal lantaran ia dinyatakan bersalah dan dikirim ke penjara atas kasus hacking di Amerika Serikat, padahal kala itu umurnya masih 15 tahun. Di umur yang tergolong masih muda, ia mampu masuk ke jaringan Bell South, Miami-Dade, Departemen Pertahanan AS dan NASA.

Namun, kisah remaja dengan kemampuan hacking tinggi ini harus berakhir tragis karena dituduh terlibat dalam kasus hacking pada tahun 2007. Meskipun ia membantah, penyidik tetap mencurigai dan menyelidikinya. Hingga pada 2008, Jonathan memutuskan untuk bunuh diri karena merasa akan dihukum atas kejahatan yang tidak dilakukannya.

5 Pelaku dan Kasus Hacking paling Fenomenal | Breaktime
Kini, Kevin Mitnick aktif sebagai konsultan dan pembicara terkait keamanan komputer

Kevin Mitnick

Kevin Mitnick, disebut-sebut sebagai pelaku kriminal komputer dalam sejarah AS. Mitnick merupakan pelaku hacking yang melakukan pelanggaran sistem pertahanan nasional dam mencuri rahasia perusahaan. Atas aksinya ini, Mitnick ditangkap dan dipenjara selama 5 tahun. Setelah keluar dari penjara, ia menjadi konsultan dan pembicara terkait keamanan komputer, serta menjalankan Mitnick Security Consulting, LLC.

Albert Gonzales

Hacker yang satu ini menjadi terkenal akibat aksinya yang berhasil mengumpulkan lebih dari 170 juta nomor kartu kredit dan kartu ATM hanya dalam 2 tahun. Ia juga dikenal sebagai pemimpin kelompok hacker bernama ShadowCrew.

Bersama timnya, ia mencuri 1,5 juta nomor kartu kredit dan menjualnya secara online. Mereka juga melakukan pembuatan paspor palsu, kartu asuransi palsu, serta kejahatan pencurian identitas. Kasus terbesarnya adalah pembobolan database TJX Companies and Heartland Payment Systems dan mencuri data kartu kredit. Atas kejahatan ini, pada 2010 lalu, ia dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

5 Pelaku dan Kasus Hacking paling Fenomenal | Breaktime
NASA merupakan salah satu sasaran yang diminati hacker

Kevin Poulsen

Hacker yang dikenal sebagai Dark Dante ini, berhasil masuk ke sistem federal FBI, mencuri data pencarian orang serta informasi penyadapan. Ia kemudian dijatuhi hukuman 51 bulan penjara dan denda sebesar $ 56 ribu.

Namun, setelah dibebaskan dari penjara, Poulsen memilih untuk bekerja sebagai wartawan dan menjadi editor Wired News. Ia juga berhasil membantu penegak hukum mengidentifikasi 744 pelaku kejahatan seksual di MySpace.

Gary McKinnon

Memiliki nama panggilan Solo, McKinnon berhasil mengkoordinasikan hacking komputer militer terbesar sepanjang masa. Bahkan, ia juga berhasil mengakses 97 komputer milik US Armed Forces dan NASA. Karena merupakan keturunan Skotlandia dan beroperasi di Inggris, ia mampu menghindari hukuman yang dijatuhkan pemerintah AS untuk sementara waktu.

Fakta yang menarik bukan, B’timers? (dfr)

Share This Article