5 Kemampuan yang Bakal Hilang Gara-Gara Teknologi | Breaktime
5 Kemampuan yang Bakal Hilang Gara-Gara Teknologi
04.02.2018

Pernah kamu pikirkan nggak kalau manusia bisa punah gara-gara teknologi? Coba kita selidiki lebih lanjut kemampuan manusia yang bisa aja hilang gara-gara teknologi

1. Mengingat Nomor Telepon


Mengingat Nomor Telepon (photo-erabaru.net)

Inget nggak kalau zaman sekolah dulu, kamu bisa hafal nomor teman, saudara, tetangga dan lainnya? Paling nggak kamu punya catetan nomor telepon mereka di dalam buku telepon kecil atau buku telpon rumah. Mencatat buku telepon juga mengajarkan kita mengingat nomor telepon yang sering kita gunakan. Kebayang repotnya zaman dulu kalau nggak hafal nomor orang terdekat kan? Nah, kalau zaman sekarang tinggal buka smartphone udah ketemu nama lengkap email dan lain-lain. Makin mudah, makin bikin kita males menghapal, nih

2. Teknik Menghitung Manual


Teknik Menghitung Manual (photo-blogspot.com)

Kapan terakhir kali kamu menghitung sesuatu dengan kalkulator? Nah, kalau hitung-hitungan untuk pelajar atau mahasiswa paling seputar matematika dan akuntan biasa yang masih menggunakan teknik-teknik manual. Kalau beranjak ke dunia perkantoran atau usaha, seperti untuk menghitung uang kas, pajak, persentase komisi, uang tips, konversi valas, dan perhitungan yang lebih kompleks lainnya bagaimana? Kalkulator dan aplikasi menghitung di dalam smartphone sudah mempermudah banget soal hitung-hitungan ini. Semoga kamu masih inget cara cepat rumus matematika sekolah yah :)

3. Navigasi


Navigasi (image-nonpub.com)

Membaca peta, menghafalkan tempat, mengetahui serta dapat menunjukkan arah sangat penting untuk kehidupan kita. Sekarang aplikasi smartphone membuat itu semakin mudah. Coba deh kamu bayangin suatu saat GPS lagi error dan kamu harus interview kerja di daerah antah berantah? Masih sanggup baca peta manual dan menggunakan teknik bertanya penduduk setempat?

4. Berjalan


Berjalan (image-wfaa.com)

Fenomena "Distracted Walking" merupakan fenomena orang berjalan denga mengotak-atik berbagai teknologi genggam seperti smartphone, music player, game dan lain sebagainya. Padahal hal ini berisiko tinggi untuk keselamatan di jalan. Kamu bisa jatuh tersandung bahkan kecelakaan. Hayo ngaku siapa yang masih nggak bisa lepas dari gadget di tangan?

5. Menulis di Buku/Kertas


Menulis di Buku,Kertas (image-timeshighereducation.com)

Coba di sini masih ada yang bisa menulis sambung versi halus tebal? Perhatikan orang-orang dulu, deh. Nggak usah jauh-jauh. Coba lihat orang tua kamu menulis. Rata-rata mereka bisa menulis seperti itu dengan baik dan terbaca jelas. Pokoknya indah banget! Kids zaman now memang lebih mahir mencari beragam jenis huruf cantik buat chatting di smartphone mereka. Tapi coba deh adu menulis indah dengan Kids zaman past :)

Teknologi boleh berkembang dan semakin canggih. Tapu jangan sampai bikin kita malah jadi malas dan kehilangan arah. Jangan sampai seperti yang terjadi di film sekuel Planet of the Apes yah, bahwa manusia jadi tamak dan para apes jadi bisa bahasa manusia.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE