5 Hal yang Harus Diwaspadai dari Mobile Banking | Breaktime
5 Hal yang Harus Diwaspadai dari Mobile Banking
17.07.2016

Kini, mengelola uang yang Anda punya di rekening bisa dilakukan dengan sangat mudah, apalagi dengan kehadiran mobile banking. Cukup lewat smartphone, Anda sudah bisa melakukan pembayaran tagihan serta mengecek saldo, semudah mengunggah foto di akun Instagram. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, lima hal ini patut diwaspadai para pengguna mobile banking:

Jaringan wireless lebih mudah dibajak hacker

Tak seperti situs web, aplikasi mobile tak menyimpan informasi pribadi dengan aman dan  rahasia. Ini berarti sebaiknya Anda tidak mengakses rekening bank Anda via aplikasi mobile saat menggunakan wi-fi di tempat umum.

Sinyal rendah berarti keamanan tak terjamin

Jika sinyal ponsel Anda rendah, maka kemungkinan data rekening bank Anda gagal dimuat, sehingga data-data pribadi Anda justru akan masuk dan diterima oleh pihak ketiga yang tidak sah. Ini yang membuat keamanan rekening bank Anda tak terproteksi dengan baik.

5 Hal yang Harus Diwaspadai dari Mobile Banking | Breaktime
Hati-hati saat menggunakan mobile banking

Risiko besar jika sampai ponsel Anda hilang

Sebagian besar orang tidak memproteksi ponselnya dengan password. Artinya, jika ponsel sampai hilang, siapa saja bisa leluasa masuk ke aplikasi banking pemilik ponsel dan mengakses uang yang ada di rekening.

Tak bisa langsung mengakses uang yang baru ditransfer

Meski Anda bisa menyimpan uang ke rekening langsung lewat aplikasi mobile banking, biasanya akan ada jeda waktu lebih lama sampai Anda bisa mengakses uang Anda yang ada di rekening. Ini juga sebagai bentuk perlindungan bank terhadap penggelapan uang.

Aplikasi mobile banking palsu yang bisa menipu

Tak sedikit aplikasi mobile banking palsu yang beredar di app store. Jika Anda menggunakannya, informasi pribadi Anda akan diakses oleh aplikasi ini sehingga kemungkinan rekening Anda bisa dibobol. Sebaiknya, download langsung aplikasinya dari website resmi bank Anda.

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diwaspadai dalam melakukan transaksi bank lewat mobile tadi, kini Anda bisa lebih bijak dan protektif dalam menggunakan aplikasi mobile banking agar rekening bank Anda tetap aman setiap saat. (md)

Share This Article