5 Alat Wajib untuk Buat Film Pendek Berkualitas! | Breaktime
5 Alat Wajib untuk Buat Film Pendek Berkualitas!
08.08.2016

Anak muda zaman sekarang dituntut untuk menjadi sangat kreatif jika tidak ingin kalah bersaing dengan generasi muda di belahan bumi lainnya. Memang belum semua, namun Indonesia sudah memiliki segudang anak muda kreatif dan berbakat yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, salah satunya di bidang film.

5 Alat Wajib untuk Buat Film Pendek Berkualitas! | Breaktime
Film prenjak yang berhasil menjadi juara di Cannes

Indonesia sekarang memiliki sineas muda siap memberikan karya terbaiknya. Masih ingat film Prenjak yang menang di Festival Film Cannes beberapa waktu lalu? Prenjak adalah film pendek karya sineas muda Yogyakarta, Wregas Bhanuteja. Anda juga ingin membuat film pendek berkualitas seperti Prenjak? Catat 5 Alat untuk membuat film pendek berkualitas ini.

Kamera

Tentu saja alat pertama yang wajib Anda punya adalah kamera. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, kamera yang Anda miliki setidaknya memiliki fitur image stabilizer. Ini akan mengurangi kemungkinan gambar nge-blur atau goyang sehingga gambar yang Anda ambil tetap stabil.

Baca juga : 5 ALASAN UNINSTALL APLIKASI BAJAKAN PADA IOS

Lighting

5 Alat Wajib untuk Buat Film Pendek Berkualitas! | Breaktime
Contoh lighting yang Anda perlukan

Jika gambar yang diambil sudah bagus karena adanya image stabilizer pada kamera, sempurnakan dengan lighting. Pencahayaan harus ada untuk mendapatkan gambar yang tajam. Biasanya untuk membuat film pendek Anda membutuhkan 2 buah lampu LED CN-160 (160 lampu).

Sound recoreder

Salah satu dari 5 Alat untuk membuat film pendek berkualitas adalah sound recorder. Perekam suara ini akan membuat film Anda lebih jelas dan detail sehingga lebih bisa dinikmati. Rekomendasi dari Breaktime, Anda bisa menggunakan Zoom Han. Meski produk lawas, namun masih menjadi primadona di hati para sineas, lho.

Microphone

Ada 3 pilihan microphone untuk pengambilan suara sesuai kebutuhan yaitu shotgun mic, boom mic, dan clip-on. Film documenter akan banyak menggunakan clip-on sedangkan untuk film pendek, boom mic adalah elemen terpenting. Sementara itu shotgun mic sudah sangat cukup untuk video reportase.

Laptop dan Software Editing

5 Alat Wajib untuk Buat Film Pendek Berkualitas! | Breaktime
Tentu saja software editing sangat berperan terhadap bagus tidaknya film

Sempurnakan karya Anda dengan finishing. Untuk itu, Anda butuh laptop dan software editing yang berkualitas juga. Anda setidaknya harus punya laptop dengan RAM di atas 8 GB untuk mengindari crash atau putus-putus saat sedang editing. Sementara itu, software editing yang direkomendasikan adalah Final Cut Pro, Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, Pinnacle Studio dan After Effect. Untuk penyuntingan suara  Sound Forge dan Garage Band adalah yang terbaik.

Semoga informasi tentang 5 alat untuk membuat film pendek berkualitas ini bermanfaat! (nap)

Share This Article