4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah | Breaktime
4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah
14.04.2016

Sampai sekarang ini pemerintahan dan bahkan para pakar sekaligus ahli yang masih mencari inovasi untuk mengurangi debit sampah yang setiap harinya menggunung. Di tengah kesibukan tersebut hal ini juga masih diperparah dengan bencana alam yang terjadi karena budaya membuang sampah sembarangan.

Padahal tahukah Anda B'timers, ada cukup banyak kegunaan dari sampah yang apabila dimanfaatkan kembali masih bisa berdaya beli. Seperti beberapa contoh berikut :

Tempat duduk dari kayu bekas

4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah | Breaktime
Tempat duduk santai di beranda buatan tangan sendiri pasti membuat Anda bangga kan?

Kayu sisa pengiriman barang atau yang digunakan setelah membangun rumah rata-rata dibakar B'timers. Dampak yang didapat selain polusi udara adalah kerugian materi yang sia-sia. Untuk menghindari hal tersebut sebenarnya ada beberapa cara mudahnya B'timers. Cukup disentuh dengan sedikit kreativitas, kayu bekas pengiriman bisa disulap menjadi kursi santai sederhana yang bisa ditaruh di beranda.

Lampu lava

4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah | Breaktime
Memang sudah tidak dipakai, tapi masih berguna loh!

Lampu lava yang biasanya dipasang di hotel-hotel berbintang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bahan utama untuk membuat lampu lava adalah botol kaca bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Cukup kombinasikan minyak goreng, air, lampu putih kecil dan beberapa potong garam kotak maka Anda bisa mendapatkan lava lamp dengan mudah.

Hiasan tutup botol

4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah | Breaktime
Tutup botol bisa dijadikan karya unik loh!

Tutup botol atau yang sering disebut juga dengan caps ini bisa dijadikan sebagai hiasan dinding yang menarik loh. Padukan tutup botol berbeda merek dan mana dalam sebuah kombinasi menarik seperti bentuk wajah, pulau, atau negara bagian lalu rekatkan dengan lem pada sebuah papan kayu.

Pot bunga

4 Tips Jitu Sulap Sampah Menjadi Barang Mewah | Breaktime
Roda mobil bekas ini bisa Anda gunakan sebagai pot bunga loh

Apa yang Anda lakukan ketika melihat sepatu bekas atau roda mobil bekas di depan Anda? Pasti sangat ingin menyingkirkannya bukan? Tapi tahukah Anda? Ada beberapa potensi yang bisa Anda manfaatkan lagi dengan mendaur ulangnya lagi B'timers. Caranya letakkan beberapa potong kayu di bagian lubang roda bekas lalu masukkan tanah di dalamnya. Setelah itu letakkan benih tanaman lalu sirami setiap hari. Voila! Pot bunga unik menghiasi taman mini Anda.

Bagaimana B'timers? Beberapa contoh produk olahan sampah di atas cukup menarik bukan? Jadi tunggu apalagi, ayo segera kumpulkan semua barang bekas yang ada di rumah Anda lalu buat inovasi Anda sendiri sebelum membuangnya. Semangat B'timers. (wsu)

Share This Article