4 Mobil Sport Buatan Jepang yang Bisa Melaju Cepat Tanpa Bensin | Breaktime
4 Mobil Sport Buatan Jepang yang Bisa Melaju Cepat Tanpa Bensin
11.09.2015

Popularitas mobil listrik sudah mulai menggeliat sejak akhir abad ke-19 lalu dan terus berlanjut hingga kini. Dari berbagai negara, ada banyak mobil-mobil listrik yang telah diproduksi, baik yang sudah dipasarkan secara bebas atau juga yang masih dalam bentuk konsep.

Tidak mau ketinggalan, Indonesia pun juga punya konsep garapan mobil listrik, lho, B’timers. Ada 2 jenis mobil listrik buatan anak negeri, yaitu Ahmadi dan Tucuxi,  walaupun pada akhirnya salah satu di antaranya dinyatakan tidak lulus uji emisi.

Tentunya, sebagai salah satu negara dengan kemjuan dan teknologi tinggi, Jepang juga ikut menyemarakkan dunia otomotif dalam kategori electric car ini. Mulai dari yang hanya dapat melaju dengan pelan, sampai dengan yang masuk kategori sport car, ada dan diproduksi Negara Matahari Terbit ini.

Berikut ini beberapa mobil-mobil listrik yang masuk kategori electric sport car dari Jepang:

Nissan BladeGlider

Nissan BladeGlider, mobil listrik yang bisa ngebut
Nissan BladeGlider, mobil listrik yang bisa ngebut

Sebagai salah satu perusahaan otomotif raksasa di Jepang, Nissan memamarkan konsep mobil listrik ramah energi dalam Tokyo Motor Show di tahun 2013 lalu. Mobil yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi ini diberi nama Nissan BladeGlider. Model dari mobil tersebut sangat futuristik dan hanya mampu menampung 3 orang saja, termasuk sopir.

EV Mini Sport

EV dengan zero mission
EV dengan zero mission

Sebuah perusahaan Jepang bernama Tajima Motor Corporation, sedang mengembangkan konsep electric vehicle (EV) dengan toleransi zero emission. Konsep EV satu itu pernah diperkenalkan ke publik di awal tahun 2010 silam dan perusahaan yang bersangkutan mengatakan akan segera menjual kendaraan listriknya itu ke pasaran.

Himiko

Mobil ini dapat melaju sejauh 341 mil hanya dalam sekali pengisian saja
Mobil ini dapat melaju sejauh 341 mil hanya dalam sekali pengisian saja

Mengambil konsep desain Mazda NC MX-5, sebuah perusahaan Jepang bernama Mitsuoka Motors mengembangkan classic electric sport car yang dinamakan Himiko. Walaupun modelnya terkesan jadul, tetapi kecepatan mobil listrik satu ini tidak dapat dianggap remeh.

Tommykaira ZZ

Kabarnya, ide pembuatan mobil ini untuk menyaingi produk mobil Tesla
Kabarnya, ide pembuatan mobil ini untuk menyaingi produk mobil Tesla

Setelah 3 tahun mendirikan GLM, salah satu perusahaan otomotif di Jepang, Hiroyasu Koma, ingin membuat terobosan baru dengan mengembangkan EV dalam kategori sport car. Dinamakan Tommykaira ZZ, karena dalam memproduksi mobil ini, GLM bekerja sama dengan perusahaan mobil sport Tommykaira.

Kira-kira kapan ya, produsen otomotif di tanah air mampu membuat mobil listrik canggih yang bisa terkenal di seluruh dunia?

Share This Article