Dampak Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial | Breaktime
4 Dampak Buruk Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial
20.01.2016

Seorang netizen pasti sudah tidak asing dengan media sosial, bukan? Ya, sebuah media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi antara pengguna internet di dunia maya. Saat ini, tidak hanya satu saja media sosial yang ramai diperbincangkan. Beberapa contoh di antaranya adalah Facebook, Twitter, Instagram, Path dan masib banyak lagi media sosial lainnya.

Namun, media sosial ternyata membawa dampak yang buruk terhadap kepribadian seseoang. Berikut beberapa contoh pengaruh media sosial terhadap kondisi mental :

Dampak Terlalu Sering Menggunakan Media Sosial | Breaktime
Seseorang yang sudah kecanduan media sosial akan sulit lepas dari gadget

1. Addicted alias kecanduan

Ini adalah salah satu hal umum yang akan diderita seseorang ketika ia mengenal media sosial terlalu dalam. Awalnya mungkin hanya seperti rasa penasaran setiap saat Anda tidak membuka akun media sosial, namun akhirnya berubah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan.

2. Merasa takut sendirian

Seseorang yang sudah terjun terlalu jauh ke dalam media sosial akan merasa takut ditinggal sendirian. Karena mereka selalu dimanjakan dengan media sosial, kehidupan sosialnya seperti ikatan antara teman dengannya di dunia nyata, akan memudar bahkan menghilang. Ini disebabkan karena semua temannya berada di dunia maya. Jadi, mereka akan merasa kesepian saat tidak bisa mengakses dunia maya.

3. Memacu kepribadian ganda

Ini sangat mungkin terjadi karena saat seseorang mengakses dunia maya, kebanyakan dari mereka akan menunjukan sisi lain versinya sendiri. Terkadang, mereka akan bertingkah lebih baik saat berada di dunia maya dan akan ini berbanding terbalik dengan sikapnya saat di dunia nyata.

4. Cenderung menjadi sosialita

Mereka yang selalu update dengan dunia maya akan cenderung untuk mengikuti tren yang sedang hits atau populer. Terkadang, mereka terlalu memaksakan sebuah gaya model, meskipun itu tidak cocok dengan dirinya. Alasan utamanya adalah tidak ingin dicap sebagai orang yang kurang update.

Itulah contoh efek negatif dari media sosial. Terlalu berlebihan dalam sesuatu memang tidak baik, B'timers. Jadi, usahakan untuk mengimbangi waktu Anda yang ada di dunia maya dengan aktivitas harian Anda. | WSU

Share This Article