4 Bola Lampu Yang Bisa Menyala Sepanjang Masa | Breaktime
4 Bola Lampu Yang Bisa Menyala Sepanjang Masa
24.04.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Ada lampu yang bisa menyala sangat lama



Cahaya menjadi salah satu sumber kehidupan manusia di bumi. Cahaya alami yang diberikan oleh Tuhan tentu saja bulan dan matahari. Namun, manusia juga diberi akal untuk membuat sumber cahaya lain selain kedua bintang tersebut. Yap, apalagi kalau bukan lampu. Matahari dan bulan adalah cahaya abadi yang akan terus menyala sesuai waktunya. Tetapi lampu buatan manusia nyatanya juga bisa menyalasa sangat lama hingga ratusan tahun lamanya. Nggak percaya? Ini buktinya!

Bola lampu yang pertama disebut bola lampu Ediswan yang dibuat pada tahun 1883 silam. Bohlam ini adalah produk pertama pabrik Ediswan. Sejak saat itu, lampunya hanya menyala secara sporadic. Bohlam yang kini masuk dalam koleksi pribadi Beth Crook asal Inggris masih terus bersinar setelah usianya mencapai 134 tahun. Luar biasa, bukan?

Selanjutnya adalah The Centennial Bulb yang ada di Livermore, California. Bohlam yang berusia 116 tahun ini juga masih menyala dengan terang. Kerennya lagi, bohlam ini tidak pernah mati sejak ia pertama kali menyala pada tahun 1901.

4 Bola Lampu Yang Bisa Menyala Sepanjang Masa | Breaktime
Ediswan Bohlam

Baca juga : TIPS MENDAPATKAN PAKET WISATA MURAH NAIK CRUISE!

The Eternal Light juga jadi bohlam yang paling lama menyala di dunia. Bohlam ini juga ditemukan di Livermore, California. Bohlam yang menyala sejak 1908 ini masuk The Guinness Book of World Recorde pada tahun 1970an. Sekarang bohlam ini ada di museum yang ada di Livestock Exchange Building. Sejak pertama kali menyala, bohlam ini hanya sekali dimatikan. Wow!

Terakhir adalah Jack Gasnick’s Supply Shop Bulb. Bohlam ini menyala sejak tahun 1912 namun tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Sang pemilik merasa frustasi karena bohlamnya tidak mendapatkan penghargaan apapun. Akhirnya Gasnick yang juga pemilik toko online di Manhattan ini pergi meninggalkan rumahnya. Pada tahun 2003, bohlam ini ditemukan telah hancur di bawah reruntuhan.

Bagaimana, B’timers? Ternyata manusia juga punya karya yang menakjubkan, ya? Entah sampai kapan bohlam itu akan menyala, yang jelas tidak akan ada yang bisa menandingi ciptaan Tuhan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE