Alasan Tak Terduga CCTV Wajib Dipasang di Kantor | Breaktime
4 Alasan Tak Terduga CCTV Wajib Dipasang di Kantor
21.07.2016

CCTV adalah salah satu yang terpenting untuk pencegahan tindak kriminal, khususnya pencurian dan perampokan. B’timers tentu tahu manfaat CCTV untuk membantu polisi dan juga di kantor untuk memantau karyawan. Nah, selain untuk kepentingan tersebut, ada alasan tak terduga kenapa CCTV wajib dipasang di kantor, lho. Berikut kelebihan kantor yang punya CCTV.

Bisa melindungi karyawan

CCTV bisa melindungi karyawan di tempat kerja. Khususnya di tempat-tempat yang memberikan jasa layanan, contoh termudah adalah di minimarket. Dengan mengetahui ada CCTV, karyawan akan bertindak lebih sigap dan tanggap untuk meminimalisir pembeli atau pelanggan yang mungkin melakukan komplain.

Membantu mengatasi kejahatan

Yap, yang satu ini jelas sekali. Dengan adanya kamera tersembunyi maka jika terjadi kejahatan, misalnya pencurian, pihak kepolisian akan lebih mudah untuk mengetahui wajah pelaku atau apapun tanda identitas pelaku lewat rekaman CCTV. Adanya CCTV juga bisa mencegah pelaku kriminal, karena mereka menyadari keberadaan CCTV yang memantau mereka.

Alasan Tak Terduga CCTV Wajib Dipasang di Kantor | Breaktime
Peran utama CCTV untuk memantau keamanan kantor

Menghindari “kenakalan” karyawan

Keberadaan CCTV di kantor juga dapat mencegah jika karyawan ingin berbuat “nakal”. Di sini berarti seperti pencurian aset kantor misalnya, CCTV akan membuat karyawan lebih sungkan dan berpikir dua kali saat ada niatan berbuat tindak kriminal seperti demikian.

Mengetahui kepuasan karyawan

Jika contohnya terjadi pencurian oleh karyawan sendiri, meski tak tersebar luas ke seluruh kantor, ini bisa jadi indikasi bahwa kemungkinan karyawan merasa tidak puas dan tak bahagia bekerja di sana, sampai timbul pikiran seperti itu. Pihak manajemen pun bisa melakukan evaluasi bagaimana sistem perusahaan berjalan selama ini dan apa saja yang perlu dibenahi.

Nah, ternyata dengan CCTV yang dipasang di kantor, ada banyak sekali manfaatnya, ya. B’timers sendiri, apa di kantor Anda sudah terpasang CCTV? Kalau belum, sebaiknya segera usulkan saja pada atasan. (md)

Share This Article