3 Robot Terbaik Di Dunia Buatan Manusia | Breaktime
3 Robot Terbaik Di Dunia Buatan Manusia
24.01.2016

B'timers pernah menonton film The Transformer, I-Robot, atau Terminator? Ya, sederet film yang menceritakan tentang robot berteknologi canggih ini berhubungan dengan apa yang Breaktime bahas kali ini. Perkembangan jaman yang semakin maju mendorong manusia untuk terus berkarya.

Hingga pada akhirnya, manusia berpikir untuk membuat sebuah mesin yang bisa meringankan pekerjaannya. Dari sanalah awal mulanya manusia mengembangkan robot. Mulanya, robot buatan manusia hanya dapat bergerak sesuai apa yang diperintahkan manusia. Hal ini membuat robot harus selalu dibimbing dan malah membuat pengguna robot menjadi terbebani.

Akhirnya para ilmuan memutuskan untuk membuat sebuah kecerdasan buatan atau yang sering disebut juga dengan artificial intelligence. Berikut beberapa karya manusia yang sudah mendekati kesempurnaan:

1. NAO

Sebuah robot responsif yang memiliki banyak sekali kecanggihan di dalamnya. NAO mampu melakukan banyak tindakan berdasarkan respon pengamatan dan pendengarannya. Untuk melakukan pengamatan, robot ini dilengkapi 2 kamera responsif dengan kualitas penangkapan gambar sebesar 1280 x 720.

Sedangkan untuk melakukan respon pendengaran, ia dibekali 4 microphone. Setelah melakukan proses melalui sensor tersebut, NAO mengolah perintahnya dengan menggunakan prosesor intel atom 1.6 Ghz. Setelah itu, barulah ia melakukan tindakan.

2. Asimo

Robot yang dikembangkan oleh salah satu pabrikan motor besar Honda ini semakin maju dari waktu ke waktu. Asimo yang awalnya belum mendapatkan AI, sekarang ini mampu memutuskan sesuatu tanpa perintah manusia.

Bahkan, ia sudah bisa menggunakan kecerdasan buatannya untuk berbincang dengan manusia. Selain AI yang sudah ada padanya, gerakan dari Asimo lebih halus dan bahkan ia sudah bisa berlari dengan keseimbangan yang mengagumkan.

3. Actroid

Sebuah robot yang didesain mirip dengan manusia ini juga merupakan salah satu bukti keberhasilan AI. Actroid berjenis kelamin perempuan dengan penampilan sangat mirip dengan perempuan. Setelah mengalami banyak proses pengulangan, akhirnya robot ini berhasil diciptakan.

Robot yang dibuat sedemikian rupa seperti wanita ini masih dalam proses pengembangan. Terlebih pada mimik dan gerakan berbicaranya. Untuk saat ini, suara dari robot ini sudah lancar, namun gestur bibir masih belum sempurna.

Itulah ketiga contoh robot super canggih yang berhasil diciptakan manusia. Meskipun ini merupakan bukti kecerdasan manusia, banyak orang yang tidak setuju dengan proyek robot ini dengan alasan yang bermacam-macam. Bagaimana dengan B'timers, apa pendapat Anda tentang perkembangan robot ini? | WSU

Share This Article