3 Inovasi Remaja Indonesia, Jadi Rebutan Dunia | Breaktime
3 Inovasi Remaja Indonesia, Jadi Rebutan Dunia
12.08.2017

Memiliki prestasi di dunia internasional memang bukan hal tabu bagi banyak remaja Indonesia. Memang sayangnya tak banyak media yang mem-blowup berita prestasi anak bangsa ini. Para pelajar Indonesia nyatanya sudah banyak yang berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang olimpiade dalam berbagai bidang di dunia internasional. Seperti baru-baru ini ndonesia berhasil menyabet 11 medali emas dalam kejuaraan International Mathematics Wizard Challenge yang diselenggerakan di China. 

Selain itu, masih banyak cabang olimpiade lain yang juga berhasil mengukir prestasi. Eits! Tapi tahu nggak sih, bukan cuma Benyamin Franklin, penemu lensa kaca mata ataupun Albert Einstein, penemu teori relativitas yang menjadi perbincangan dunia. Melainkan inovasi dan penemuan 3 remaja tanah air ini juga tak kalah membuat para ilmuan dari berbagai negara menjadi tercengang. Jadi, nggaksalah dong kalau 3 remaja ini menjadi rebutan berbagai negara. Kira-kira siapa sih mereka dan apa penemuan serta inovasi yang berhasil membuat namanya menjadi mendunia?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengapa Anda Tak Perlu Membeli Samsung Galaxy S8?

Semakin meningkatnya kebutuhan hidup manusia dari tahun ke tahun, terkadang membuat sebagian orang menjadi gelap mata dengan melakukan segala cara untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Tak jarang tindak kriminalitas kian meningkat, terutama jika berkaitan dengan kasus pelecehan seksual pada perempuan. Perempuan sebagai kaum yang memang secara kodrat memiliki tingkat kekuatan yang lebih rendah dari pada pria, menjadi sasaran ‘empuk’ maraknya pelecehan seksual dan kasus kriminal lainnya.

Fenomena inilah yang membuat Hibar Syahrul Gafur, remaja asal Bogor ini membuat inovasi dan penemuan yang sangat bermanfaat khususnya untuk perlindungan kaum hawa. Sepatu anti pelecehan seksual adalah penemuan yang membuat banyak orang berdecak kagum baik dari dalam dan luar negeri. Pasalnya sepatu ini dianggap sangat efektif untuk menjadi alat pertahanan kaum perempuan jika menghadapi situasi sulit atau dengan kata lain dalam situasi yang mengancam.

Sepatu anti pelecehan seksual ini dilengkapi denga dua tembaga di sol bagian depan serta pemasangan beberapa baterai. Baterai ini digunakan sebagai tenaga untuk mengaliri listrik sebesar 450 volt yang memang sengaja dipasang di bagian sepatu. Tapi jangan salah, meski memiliki daya listrik  yang tak terlalu besar, setrum yang dikeluarkan cukup membuat rasa nyeri, lho.

Penemuan berikutnya tak kalah fenomenal. Apalagi kalau bukan penemuan parfum pengharum ruangan dari kototran sapi. Hmm.. kira-kira B’timers kebayang nggak sih, bau seperti apa ya yang dihasilkan dari parfum ini. Mengingat kotoran sapi merupakan salah satu kotoran yang memiliki bau menyengat dan tidak enak, tak jarang bau kotoran sapi ini membuat siapapun yang menghirupnya mengalami rasa mual dan pusing kepala. 

3 Inovasi Remaja Indonesia, Jadi Rebutan Dunia | Breaktime
Dua remaja ciptakan parfum dari kotoran sapi
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Harga dan Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi 3 Gold

Berbeda dengan dua pelajar cantik asal Lamongan ini. Penemuannya ini tak hanya membuat para ilmuan internasional menjadi kagum tapi juga menjadi terheran-heran. Dwi Nailul Izzah dan Rintya Miki Aprianti melakukan fermentasi pada kotoran sapi yang dicampur dengan ragi. Cairan ekstrak dari hasil fermentasi inilah yang kemudian digunakan sebagai bahan utama pembuatan parfum ruangan. Tapi tenang, bau yang di hasilkan ini ternyata tak lagi bau kotoran sapi, melainkan bau tumbuh-tumbuhan. Sehingga aromanya begitu alami dan lebih segar. Tak usah khawatir dengan adanya kuman-kuman dalam kotoran sapi ini, karena saat pengolahan cairan ekstrak kotoran sapi ini telah dicampur oleh berbagai zat yang berfungsi sebagai antiseptik untuk membunuh kuman dan bakteri.  Penemuan ini juga berhasil mendapatkan juara ke dua dalam ajang International Environment Project Olympiade (INEPO) di Turki.

Kalau yang satu ini merupakan salah satu penemuan yang cukup viral. Sumber Listrik dari pohon kedondongan adalah terobosan penemuan yang berhasil ditemukan oleh seorang remaja asal Banda Aceh. Naufal Raziq, secara awalnya melakukan penelitian karena memang pohon kedondong dapat dengan mudah ditemui di kampungnya, selain itu ketersediaan listrik di kampunya pun tak cukup memadai. Hal ini yang kemudian memicu semangat Naufal untuk menemukan sumber energi lain yang dapat menciptakan listrik.

Cara kerja metode sumber listrik dari pohon kedondong ini yaitu dengan membuat empat lubang pada bagian batang pohon. Setidaknya dibutuhkan empat pohon kedondong. Setelah itu, keempat pohon tersebut akan dipasangi tembaga dan logam baterai. Untuk baterai ini, Naufal membuat sendiri, dimana bahan baku baterai berasal dari seng dan bakan baku lain yang mudah ditemui. Setiap lubang pada pohon dapat menghasilkan listrik dengan kekuatan 1 volt.

Saking viralnya penemuan ini, Naufal mendapatkan banyak tawaran untuk melanjutkan pendidikan seperti salah satunya tawaran dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk sekolah gratis di SMA Taruna Magelang. Ada juga tawaran untuk melanjutkan sekolah gratis di Madrasah Aliyah Modern 63 Malang. Nggak cuma itu tawaran dari negara-negara tetangga pun silih berganti lho, seperti halnya tawaran beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Jerman.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Harga Hp Xiaomi dan Spesifikasinya Agustus 2017

Well, berkaca dari ketika penemuan serta inovasi yang dilakukan remaja-remaja bangsa ini sadar nggak sih B’timers kalau sebenarnya kita mempunyai potensi yang cukup besar. Jadi sayang sekali kalau potensi yang kita miliki hanya kita pendam dan tidak kita kembangkan. Siapa tahu justru potensi yang kita miliki ini mempunyai manfaat bagi kehidupan masayarakat. Yuk! Mulai instropeksi diri dan mengembangkan potensi ke hal-hal positif sebagai upaya produktif mengisi kemerdekaan bangsa kita tercinta ini yang sebentar lagi mengijak usia 72 tahun.

You never know who needs you. But good energy is contagious. Because your life does not get better by chance. It gets better by change. (nk)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE