10 Cara untuk Meningkatkan Keamanan Gmail | Breaktime
10 Cara untuk Meningkatkan Keamanan Gmail
08.02.2016

Gmail merupakan salah satu aplikasi surat elektronik yang paling umum digunakan. Selain mudah digunakan dan dapat terhubung dengan akun lainnya, Gmail juga memiliki beberapa perangkat yang dapat menjaga keamanan akun. Lantas, bagaiman cara untuk meningkatkan keamanan Gmail melalui tools yang disediakan Goggle?

2 Langkah verifikasi Google

2 langkah verifikasi Google memungkinkan keamanan lebih bagi akun Gmail Anda. Anda akan diminta memasukkan kode tertentu yang dikirimkan melalui pesan teks atau Google Authenticator saat mencoba masuk atau log in ke akun Anda. Verifikasi ini, tentu akan menyulitkan para hacker untuk mengakses akun Anda.

10 Cara untuk Meningkatkan Keamanan Gmail | Breaktime
Langkah verifikasi Google akan meminta Anda memasukkan 6 digit kode saat log in

Abaikan spam

Google memiliki filter yang baik untuk menyaring spam dan phishing. Oleh karena itu, jangan sekalipun membuka pesan dalam folder spam, kecuali Anda mendapatkan dari orang yang Anda kenal dan pesannya tanpa sengaja masuk ke folder spam. Umunya, pesan spam atau phishing berisi kalimat-kalimat menggiurkan seperti, ‘Uang Anda menunggu’, ‘Klaim hadiah sekarang’, serta ‘Anda akan menyesal jika tak membacanya sekarang’.

Jangan berikan password pada orang lain

Simpan password Anda dengan baik. Password merupakan jalan utama untuk mengakses akun. Jadi, ketika ada orang lain yang mencoba untuk memintanya secara langsung ataupun link dalam email, sebisa mungkin hindari untuk memberikan password Anda.

Pemulihan akun

Untuk meningkatkan keamanan Gmail, sebaiknya isikan nomor telepon Anda pada opsi pemulihan akun. Nomor telepon inilah yang nantinya digunakan Google untuk mengirim kode keamanan, sehingga hacker kesulitan mengaksesnya.

10 Cara untuk Meningkatkan Keamanan Gmail | Breaktime
Miliki email kedua yang terhubung sebagai pelindung akun

Secondary email

Sebaiknya, Anda memiliki dua email berbeda yang dapat digunakan sebagai email pemulihan ketika salah satunya tidak berfungsi. Alamat email kedua ini juga dapat digunakan sebagai media untuk mengirimkan kode keamanan saat Anda lupa password.

Gunakan koneksi yang aman

Jika menginginkan keamanan, sebaiknya gunakan koneksi yang aman. Google umumnya menggunakan HTTPS sebelum URL sebagai pertanda koneksi aman. Selain itu, gunakan VPN untuk login dan Hotspot Shield yang berfungsi sebagai pelindung dan mampu mengenkripsi koneksi.

Gunakan password yang kuat

Untuk membuat password, coba gabungkan angka, huruf, dan simbol sekaligus. Semakin unik password Anda semakin sulit pula untuk membobol akun Anda. Hindari password berupa nama, tanggal lahir, serta angka yang berurutan. Selain itu, gunakan password berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.

Gunakan mode browser pribadi

Saat menggunakan komputer dan koneksi public, seperti di warnet, hotel, café, atau hotspot wifi, sebaiknya gunakan mode browser pribadi atau penyamaran. Mode ini dapat mencegah cookie, history web, serta data lainnya. Jika mode ini tak tersedia, hapus cookie dan riwayat browsing setelah Anda log out.
Selain cara-cara di atas, untuk meningkatkan keamanan Gmail pastikan bahwa sistem yang Anda gunakan up-to-date serta dilengkapi oleh antivirus dan antimalware. (dfr)

Share This Article