Yuk, Kenali Oprah Winfrey Lebih Dekat! | Breaktime
Yuk, Kenali Oprah Winfrey Lebih Dekat!
29.01.2017

Rasanya tidak ada orang yang tidak mengenal Oprah Winfrey. Perempuan yang telah menjadi host di berbagai acara, bahkan memperoleh acara talkshow-nya sendiri ini sangat terkenal tidak hanya karena kelucuannya, tetapi juga kemampuannya dalam menjangkau hati segala lapisan masyarakat. Artis karismatik ini telah menginspirasi hidup banyak orang, akan tetapi tentu saja itu semua tidak didapatnya dalam satu malam saja. Dalam perjalanan hidupnya, Oprah telah melalui berbagai macam rintangan hidup bahkan di usia yang sangat muda. Namun cobaan-cobaan hidup tersebutlah yang membuatnya ia menjadi sosok yang sangat berpengaruh.

Di tahun 1954, Vernita Lee yang saat itu masih berusia remaja melahirkan bayi perempuan yang kemudian dinamakan Orpah. Tanpa sosok pria sebagai suami untuk mendukungnya, Vernita yang masih terlampau muda dan tidak memiliki pekerjaan yang dapat menyokong hidupnya dan bayi Oprah, Vernita memutuskan untuk meninggalkan Oprah bersama ibunya sedangkan ia sendiri pergi ke daerah Amerika Utara.

Di tengah segala keterbatasan, nenek Oprah membesarkan si kecil Oprah hingga ia berusia 6 tahun. Nenek Oprah adalah seorang perempuan yang tegas dan disiplin, dan di saat yang sama ia sangat memperhatikan kebutuhan pendidikan dan spiritual Oprah dengan mengajarinya membaca bahkan sebelum ia berusia 3 tahun dan juga rajin mengajak Oprah pergi ke gereja tiap Minggu. Di gereja tersebut, Oprah menunjukkan bakat yang sangat luar biasa dalam menghafal dan mengutip ayat-ayat Alkitab. 

Yuk, Kenali Oprah Winfrey Lebih Dekat! | Breaktime
Inilah sosok inspirasional yang dicintai semua orang!

Di usia 6 tahun, Oprah terpaksa berpisah dengan neneknya dan ikut bersama Vernita ke kota kecil di Wiscounsin yaitu Milwaukee. Tidak seperti neneknya, ibu Oprah tidak terlalu suportif dalam memberikan kebutuhan pendidikan yang cukup untuk anaknya. Oprah lagi-lagi ‘diungsikan’, kali ini ke rumah ayah kandungnya di Nashville karena ibunya tidak mampu memberikan penghidupan yang layak.

Penderitaan Oprah pada masa itu seakan tidak ada batasnya. Semenjak usia 9 tahun, ia harus mengalami pelecehan seksual dengan anggota keluarganya sendiri (saudara sepupu, paman, dan teman dari keluarga) sebagai pelakunya. Kejadian tersebut berlangsung hingga ia menginjak usia 13 tahun, dan pada usia 14 tahun ia hamil walaupun pada akhirnya bayi yang ia kandung lahir prematur dan meninggal tidak lama setelah dilahirkan.

Hingga pada akhirnya, nasibnya berubah setelah ia kembali berada dalam perlindungan ayah kandungnya. Berbeda dengan ibunya yang tidak terlalu memperhatikan kebutuhan dasarnya sebagai anak, dan tidak seperti neneknya yang walaupun benar-benar memperhatikan pendidikan Oprah namun memiliki akses terbatas karena hidup di bawah garis kemiskinan, ayah Oprah tergolong cukup mampu dan memberikan perhatian yang sangat maksimal terhadap pendidikan Oprah. Dari sanalah potensi sebenarnya yang ada di dalam diri Oprah tumbuh besar dan membuatnya menerima predikat murid terbaik, sekaligus merebut beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Tennessee dimana ia mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.

Setelah ia lulus, ia mulai bekerja untuk stasiun televisi lokal dimana ia menjalani berbagai macam peran, mulai dari co-anchor hingga pada akhirnya ia ditransfer ke stasiun televisi di kota Chicago dan dipercaya memimpin sebuah talkshow dengan judul AM Chicago. Dan dalam jangka waktu beberapa bulan acara tersebut mengalami peningkatan rating penonton secara tajam. Dalam sekejap, Oprah berhasil merebut perhatian media berkat spontanitas dan empati yang ia tunjukkan. Melihat potensi bintang pembawa talkshow yang ada di dalam diri Oprah, pihak stasiun TV pun memutuskan untuk menganugerahkan acara TV talk show untuk Oprah sendiri yang dinamakan Oprah Winfrey Show.

 Semenjak tahun perilisannya, acara The Oprah Winfrey Show telah mewawancarai berbagai macam selebritis serta mengangkat berbagai macam topik yang cukup sensitif di kalangan masyarakat, antara lain pelecehan seksual hingga isu LGBT. Oprah juga telah banyak menyumbangkan sebagian harta kekayaannya untuk membantu korban bencana alam serta orang-orang yang hidup dalam kemiskinan. Kehidupan masa lalunya yang tragis ternyata mampu menjadi cambuk baginya untuk tetap peduli dengan sesama walaupun ia telah berada di tangga kesuksesan, ya?

Sedikit pertanyaan bagi Anda nih, B’Timers! Apakah Anda tahu bagaimana nama asli Oprah yaitu Orpah berubah menjadi nama Oprah? Cantumkan jawaban Anda ke dalam kolom komentar, ya! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE