Wujud Jembatan Kepang China Mirip Roller Coaster | Breaktime
Wujud Jembatan Kepang China Mirip Roller Coaster
15.06.2017

China terkenal sebagai salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang tak bisa diragukan. Produk-produk elektronik banyak yang diproduksi di negeri Tirai Bambu tersebut. Namun rupanya tak hanya maju dalam dunia teknologi, China juga mampu bersaing dari segi infrastruktur. Salah satunya adalah jembatan. Di China ada beberapa jembatan unik yang seringkali jadi kunjungan wisatawan, karena konsepnya yang tak pernah terpikir sebelumnya.

Sebut saja Tianmen Skywalk yang berada di Zhangjiajie National Forest Park, China. Jembatan kaca ini dibangun di sisi tebing dengan ketinggian yang tidak main-main, yaitu 1.432 mdpl. Panjangnya sekitar 60 meter dan melingkari tebing Gunung Tianmen. Sedangkan untuk lebar jembatannya hanya 3 meter dengan ketebalan kaca yang dipijak 5cm.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengintip Wujud Kota Paling Selatan Di Bumi

Ada lagi Jembatan Kaca Pingjiang yang ada di Provinsi Hunan. Jembatan ini berbeda dengan jembatan Tianmen, karena menggantung di dua bukit. Meski jembatan ini berada di ketinggian 180 meter, lumayan bikin jantung deg-degan karena panjangnya 300 meter.

Jembatan yang ketiga adalah Jembatan Tali Xuan’en yang berada di Desa Wujiatai, Xuan’en, Provinsi Hubei. Memang ketinggiannya hanya mencapai 3 meter saja dan membentang sepanjang 1km di atas kebun teh. Tapi uniknya, jembatan ini nggak kalah mengerikan karena hanya terdiri dari tali dan bagian bawahnya bolong. Hanya ditambah dengan potongan-potongan kayu sebagai pijakan.

Bukan hanya jembatan-jembatan yang menantang dan menguji adrenalin saja, China juga punya jembatan baru dengan desain yang mengesankan. Jembatan tersebut berlokasi di Changsha, ibukota Provinsi Hunan. Jembatan tersebut diberi nama Lucky Knot. Menariknya di sini adalah jembatan ini tidak seperti jembatang lainnya yang kaku dan terbuat dari beton atau terbuat dari kaca. Justru jembatan ini jika dilihat dari udara seperti berputar dan terpilin. 

Wujud Jembatan Kepang China Mirip Roller Coaster | Breaktime
Lucky Knot Bridge
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengapa Flamingo Tidur Hanya dengan Satu Kaki?

Jembatan unik berwarna merah ini merupakan hasil rancangan Next Architects. Lucky Knot Bridge adalah tiga jembatan yang dikepang menjadi satu struktur raksasa. Itulah mengapa jembatan ini juga disebut dengan jembatan kepang. Sang desainer mendapatkan proyek pembangunan jembatan ini setelah mereka memenangkan sebuah kompetisi, yaitu desain internasional pada tahun 2013 silam.

Lucky Knot Bridge baru selesai dibangun pada akhir tahun 2016. Jembatan ini membentang melintasi Dragon King Harbor River dan dibangun dengan ketinggian 24 meter di atas permukaan sungai. Jadi, saat berada di atas jembatan ini Anda bisa melihat pemandangan perahu dan kapal nelayan yang melintas.

Jembatan ini memiliki ketinggian total 183 meter dan memiiki delapan pintu masuk untuk para pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan Changsha dari ketinggian. Nah, ada sebutan lain untuk area pejalan kaki, yaitu Moon Gates atau jembatan bulan. Hal ini karena jalanan di atas jembatan saling bersilangan di lima titik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Eminem Ukir Sejarah Baru Yang Mengejutkan Dunia!

Ternyata jembatan tersebut dibangun karena terinspirasi dari roller coaster. Jembatan ini juga memiliki makna yang berasal dari makna simpul keberuntungan China yang akhirnya dipilih sebagai nama jembatannya. Simpul China Kuno tersebut dipercaya memiliki keberuntungan dan kesejahteraan. Warna merah sendiri adalah simbol kebahagiaan dan kesuksesan.

Well, kalau B’timers sedang jalan-jalan ke Negeri Panda jangan pernah melewatkan waktu untuk mampir ke jembatan ini, ya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE