Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik
04.10.2017

Selamat Hari Batik Nasional, B’Timers! Hayo, ingatkah Anda bahwa pada tanggal 2 Oktober 2009 silam kain batik diresmikan menjadi kebudayaan asli Indonesia,sekaligus dinobatkan menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi? Tidak heran, sejak saat itu pemerintah mencanangkan tanggal 2 Oktober sebagai perayaan Hari Batik Nasional. Sekaligus untuk menjadi pengingat bagi kita untuk terus melestarikan kebudayaan lokal ini. Apalagi sekarang motif batik sudah mulai dilirik oleh masyarakat internasional, bahkan ada 5 selebriti Hollywood pakai batik lho! Siapa saja, ya?

Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Sentuhan modern dari selebriti Hollywood pakai batik

Selebriti Hollywood pakai batik yang pertama adalah Jessica Alba. She looks so pretty in it, isn’t she? Aktris Hollywood ini terlihat sangat chic dalam balutan batik dress monokrom dengan motif parang yang dipadukan dengan high leather boots berwarna hitam yang mewah. Alhasil penampilannya pun terlihat sangat modern!

Oh ya, sedikit fakta unik dari busana batik motif parang rusak yang dikenakan oleh Jessica Alba ini nih, B’Timers. Motif batik ini termasuk salah satu motif batik yang tertua di Indonesia, dan konon sudah mulai ada di zaman keraton Mataram Kartasura alias Kota Solo Jawa Tengah. Motif batik berbentuk jalinan huruf S ini terinspirasi dari bentuk ombak, yang merupakan penggambaran dari semangat yang tidak pernah surut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Misi 13 Tahun ke Saturnus Berakhir

Selain itu, motif dari batik tersebut juga memiliki arti perbaikan diri, kesejahteraan, serta bentuk silaturahmi antara keluarga. Motif parang juga merupakan simbol dari kewibawaan, dan dulunya hanya keluarga kerajaan saja yang boleh memakain batik motif ini, B’Timers.

Sedangkan batik bermotif parang rusak merupakan salah satu jenis batik parang yang paling terkenal. Kabarnya Panembahan Senopati-lah yang menciptakan motif tersebut saat ia tengah bertapa di Laut Selatan. Nilai filosofi di balik motif batik tersebut adalah perjuangan abadi manusia dalam melawan hawa nafsu dan sifat jahat yang ada di dalam diri mereka. Pemaknaan yang sangat dalam ya, B’Timers

Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Penampilan chic selebriti Hollywood pakai batik

Selain Jessica Alba, Rachel Bilson pun tak ketinggalan dalam unjuk gigi mix-and-match busana batik. Ia memadukan mini dress batik dengan outer berupa jaket hitam. Untuk melengkapi penampilannya, ia mengenakan shades dengan style rambut updo rapi. Lumayan juga nih  untuk dijadikan inspirasi busana hangout

Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Reese Witherson termasuk selebriti Hollywood pakai batik

Aktris sekaligus enterpreneur Reese Witherspoon juga sempat terlihat di depan publik dengan mengenakan mini dress motif batik berwarna biru tua yang dipadukan sempurna dengan jaket denim. Ia terlihat sangat cantik dan feminin, ya?

Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Cantiknya busana selebriti Hollywood pakai batik

Sosialita sekaligus bintang multi-talenta Nicole Richie juga termasuk penggemar fashion etnik, lho. Ia juga sempat tampil fabulous dengan memasukkan elemen batik berupa shawl batik ke dalam outfits-nya. Hanya dengan sentuhan shawl batik saja sudah bisa membuat penampilannya terlihat lebih WOW ya? 

Wow, Cantiknya 5 Selebriti Hollywood Pakai Batik | Breaktime
Inspirasi selebriti Hollywood pakai batik

Tak jauh beda dengan Nicole Ritchie, Drew Barrymore juga memasukkan sedikit elemen batik untuk menyempurnakan outfits-nya. Jika Nicole Ritchie mengenakan shawl batik berwarna hijau, Drew terlihat menyampirkan tote bag motif batik tambal yang ia pasangkan dengan busananya yang terdiri dari T-Shirt berwarna biru tua dan army pants bergaya sporty.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ngerinya Foto Terakhir Sebelum Kematian

Lucunya, batik tambal sendiri memiliki arti filosofi yang berarti bahwa manusia harus terus memperbaiki diri, baik dalam hal lahiriah maupun batiniah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ditambah lagi, zaman dulu kain bermotif batik tambal sering digunakan sebagai selimut orang sakit. Masyarakat kuno percaya bahwa kain batik motif tambal dapat membantu kesembuhan si sakit. Menarik juga, nih!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makam di Australia jadi Penghasil Minyak Zaitun

Siapa yang menyangka ya kalau baju batik menjadi sedemikian tenar sampai Go-Internasional. Ayo jangan sampai kalah dengan selebriti Hollywood pakai batik. Kita sebagai pemilik baju batik harus makin giat melestarikan budaya Indonesia satu ini, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE