U2 Ciptakan Lagu Khusus untuk Para Korban Paris | Breaktime
U2 Ciptakan Lagu Khusus untuk Para Korban Serangan Paris
07.12.2015

Walaupun para personelnya sudah cukup berumur, akan tetapi nama besar U2 tetap tidak dapat dipandang remeh. Baru-baru ini mereka telah merilis sebuah lagu sebagai penghormatan untuk para korban serangan Paris, Perancis pada tanggal 13 November 2015 lalu.

Sebetulnya, U2 mempunyai jadwal manggung di Paris beberapa saat setelah terjadinya serangan brutal yang menewaskan 130 orang tersebut. Dikarenakan hal itu, akhirnya konser U2 terpaksa harus diundur beberapa saat.

Setelah keadaan mulai mereda, akhirnya grup band asal Irlandia ini kembali membuka konsernya yang diadakan pada hari Minggu (6/12) dan Senin (7/12) di Arena AccorHotels yang mampu menampung pengunjung sebanyak 16 ribu orang.

Tapi, B’timers, ada satu hal yang spesial dari konser U2 kali ini yaitu diciptakannya sebuah lagu baru khusus berjudul Streets of Surrender yang liriknya berisikan tentang paris, kebebasan, cinta dan juga kebanggaan. Bono selaku vokalis U2 menjelaskan bahwa lagu baru tersebut benar-benar didedikasikan kepada para korban serangan Paris.

Jika Anda sebagai fans dari U2, tentunya tahu bahwa grup band satu ini tidak hanya kali ini saja menciptakan lagi yang terinspirasi dari kejadian nyata. Ada satu lagu dalam sebuah album berjudul War yang dirilis pada tanggal 11 Maret 1983, yaitu Sunday Bloody Sunday.

Lagu tersebut terinspirasi dari kejadian nyata yang dikenal dengan istilah Bloody Sunday atau Bogside Massacre di Derry, Irlandia Utara, pada tanggal 30 Januari 1972. Dalam kejadian tersebut, pihak keamanan Inggris menembakkan peluru secara sporadis ke kerumunan penduduk yang sedang melakukan demonstrasi. Dikarenakan hal tersebut, setidaknya ada 26 orang meninggal dunia.

Dalam wawancaranya dengan media Irish Independent, Bono mengatakan, “Kita berdiri bersama dengan anggota keluarga di San Bernardino. Kita berdiri bersama dengan keluarga di Beirut dan Istanbul. Kita berdiri bersama sebelum mereka dengan idiologisnya yang salah dalam menyembah Tuhan (ada).”

Selain itu, dalam konser tersebut, U2 turut mengundang Patti Smith sebagai bintang tamu khusus dan menampilkan deretan nama korban yang meninggal pada serangan Paris tersebut dengan balutan warna bendera Prancis. (das)

Share This Article