Tradisi Lebaran Unik Ini Bikin Kamu Ingin Keliling Dunia! | Breaktime
Tradisi Lebaran Unik Ini Bikin Kamu Ingin Keliling Dunia!
31.05.2018

Nggak cuma di Indonesia aja, tradisi lebaran unik terjadi di seluruh dunia. Beberapa belahan dunia berikut malah bikin kamu ikutan tradisi di Negara-negara ini!

Malaysia

Melipir sedikit ke negeri tetangga, Malaysia. Secara garis besar sih masih sama dengan rumpun kita ya, guys. Lebaran biasa dilakukan dengan sholat idul fitri, ziarah makam, silaturahmi dengan keluarga dan kerabat, dan yang nggak ketinggalan adalah makan-makan! Sajiannya juga hampir sama banget dengan orang kita. Mulai dari makan Ketupat, Nasi Lemang dan Rendang! Duh, laper, ya!

Turki

Idul Fitri di Turki biasa dikenal dengan nama Ramadan Bayram atau Festival Permen. Di sana kamu bisa menemukan acara pertemuan keluarga dan doa bersama, dan anak-anak juga mendapatkan permen! Nggak lupa juga disajikan makanan tradisional khas Turki, Baklava. Tradisi ini juga banyak yang menyebut kayak tradisi Halloween gitu, deh. Karena anak-anak sama-sama dikasih permen. Ada-ada aja ya.

Afghanistan

Afghanistan punya cara sendiri untuk melakukan tradisi Idul Fitri. Tradisi ini dilakukan di segala usia, yakni adu kuat dengan telur! Telur yang digunakan adalah telur yang udah mateng ya, guys. Wah, ini kira-kira pada hari itu pada pesta makan telur apa gimana, nih? Hehehe

China

Dengan jumlah muslim yang minoritas nggak membuat mereka untuk nggak punya tradisi. Salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah mengunjungi makam leluhur, salah satunya Sayyid Ajjal. Biasanya orang akan bersama-sama membersihkan dan berdoa di makam. Selain itu, di hari raya Idul Fitri, orang muslim akan memakai pakaian yang khas. Pria akan mengenakan jas dan kopiah berwarna putih dan kaum wanita menggunakan baju hangat dan kerudung setengah tutup.

Tiap negara emang punya tradisi unik yang jadi membuat kita kepingin merasakannya ya. Di daerah kalian tradisi menyambut lebaran apa nih yang unik, guys?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE