The Warrior Daughter, Biografi Seniman Perempuan Bali Karya Happy Salma
The Warrior Daughter, Biografi Seniman Perempuan Bali Karya Happy Salma
01.09.2015

Kisah inspiratif Desak Nyoman Suarti dalam mempertahankan seni budaya Indonesia menarik perhatian Happy Salma. Pemain peran ini pun lantas menulis biografi tentang sosok seniman perempuan asal Bali tersebut dalam sebuah buku berjudul The Warrior Daughter.

Sebelumnya, artis kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 4 Januari 1980 ini telah menulis beberapa buku dan kumpulan cerpen di antaranya, Pulang (2006), Telaga Fatamorgana (2008), Hanya Salju dan Pisau Batu (2010).

Buku biografi yang dirilis pekan lalu ini menceritakan perjalanan hidup sosok Desak Nyoman Suarti, seniman asal Ubud, Gianyar, Bali. Buku ini mengisahkan perjuangan Suarti semasa muda yang telah mendobrak batasan sosial di Bali. Semasa itu, dalam adat budaya setempat tidak mengizinkan perempuan belajar melukis. Namun berkat tekadnya, ia berhasil keliling Indonesia dan dunia karena kemampuannya melukis dan menari.

Happy Salma saat peluncuran bukunya
Happy Salma saat peluncuran bukunya

"Dalam memperkenalkan karya tari dan lukisan yang dimilikinya ke daerah-daerah di Indonesia, Suarti mulai berkenalan dengan berbagai motif ragam khas Nusantara yang kemudian diaplikasikannya pada media perhiasan perak," kata aktris yang aktif memerankan berbagai teater itu.

Berkat kreativitasnya dalam menciptakan perhiasan perak dengan motif ragam Indonesia, nama Suarti kemudian dikenal luas hingga ke New York, Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri namanya baru dikenal di era 1990-an.

Sebagai penulis, Happy mengaku sangat bangga dan antusias karena buku ini dinilainya sangat inspiratif. Selain juga karena mengangkat semangat serta perjuangan seniman Bali ini.

"Saya berharap buku ini menjadi salah satu referensi tentang betapa kayanya motif ragam khas Nusantara," akunya.

Melalui buku ini,  aktris peraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2010 dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita ini berharap bisa menginspirasi banyak masyarakat, khususnya perempuan di Indonesia.

Share This Article