The Story Behind 3 Lagu Populer Bertemakan September
The Story Behind 3 Lagu Populer Bertemakan September
01.09.2015

Apa yang paling menyenangkan dari bulan September? Di negara empat musim, September menjadi bulan yang romantis karena berbarengan dengan musim gugur. Di mana daun-daun berubah warna dan pemandangan menjadi lebih dramatis.

Tak heran, banyak lagu yang tercipta sebagai representasi bulan September ini. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak informasinya:

Earth, Wind & Fire – September

Lagu berjudul September ini ditulis oleh Allee Willis, seorang penulis lagu di Los Angeles, Amerika Serikat. Suatu ketika, dia dihubungi oleh Maurice White, selaku pentolan dari grup band Earth, Wind & Fire untuk menuliskan sebuah lagu yang merepresentasikan keceriaan di bulan September.

Tanpa diduga, lagu berjudul September tersebut berhasil melejit dan sangat populer di tahun 1978-an. Lagu ini berhasil menduduki peringkat 1 di US R&B chart, nomor 8 di Billboard Hot 100, dan nomor 3 di UK single chart.  Sebelum menulis lagu, Willis memohon kepada Tuhan agar lagunya ini dapat dicerna dengan baik oleh semua orang dan dapat membawa kebahagian bagi yang mendengarkannya.

Green Day – Wake Me Up When September Ends

Lagu satu ini merupakan ciptaan grup band dari Amerika Serikat, Green Day, yang ditulis oleh sang frontman, Billie Joe Armstong. Lagu yang bercerita tentang berpisahnya sepasang kekasih karena sang pria harus mengikuti wajib militer dan dikirimkan ke peperangan di Iraq tersebut menjadi sangat terkenal di seluruh dunia.

berhasil menduduki peringkat 6 Billboard Hot 100, menjadi salah satu dari Top 10 single UK, Belgia, New Zealand, Kanada sampai dengan Ceko. Bahkan lagu ini dijadikan theme song yang menyimbolkan kepedihan korban Badai Katrina.

Di balik untaian kalimat dalam Wake Me Up When September Ends, ternyata lagu ini merupakan curahan hati Billie setelah sang ayah meninggal karena penyakit kanker di tanggal 1 September 1982. Di saat ayahnya meninggal dunia, Billie sangat terpukul dan bersedih sampai harus mengunci diri di dalam kamar selama beberapa waktu.

Five For Fighting – Superman (It’s Not Easy)

Lagu yang ditulis oleh John Ondrasik ini menyampaikan sebuah pesan penting, yaitu sekuat apapun seseorang (yang diumpamakan John sebagai Superman), tetaplah manusia biasa yang bisa merasakan sakit, kesedihan, dan kemarahan.

Dirilis pada bulan April 2001, lagu ini justru mencuat pada tanggal 11 September, saat tragedi  pengeboman yang terjadi di Amerika. Lirik dari lagu yang juga menjadi soundtrack film Superman ini dianggap menggambarkan kondisi Amerika pada saat itu.

Tiga lagu tersebut menjadi pilihan Breaktime untuk mengawali bulan September ini. Bagaimana dengan B’timers?

Share This Article