Terbongkar Fungsi Lubang Kecil Jendela Pesawat! | Breaktime
Terbongkar Fungsi Lubang Kecil Di Jendela Pesawat!
07.06.2017

Sebentar lagi musim mudik, nih. Transportasi umum pasti akan sangat ramai. Mulai dari transportasi darat, laut, hingga udara. Biasanya harga tiketnya pun juga akan melonjak. Jadi, kalau B’timers mau mudik, mending pesan tiket sejak jauh-jauh hari. Apalagi tiket pesawat yang harga normalnya saja cukup merogoh kocek, bayangkan jika musim Lebaran. Tak hanya saat Lebaran saja, Anda yang biasa melakukan perjalanan bisnis dengan menggunakan pesawat pasti juga sudah paham dengan harga tiket pesawat.

Bicara tentang pesawat, Breaktime tidak akan membahas biaya tiket pesawat selama menjelang Lebaran. Tapi, kita akan membahas sesuatu yang mungkin sepele namun sangat bermanfaat, lho. Breaktime akan membongkat salah satu bagian pesawat yang mungkin sering Anda lihat, namun tidak tahu apa fungsinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Asyiknya 3 Perusahaan Ini Manjakan Karyawan!

Di beberapa bagian pesawat tentu Anda melihat sesuatu yang asing. Sangat berbeda dengan transportasi lainnya. Salah satunya saat Anda menatap pada jendela. Anda pasti melihat lubang kecil di setiap jendelanya, kan? Padahal kita sering mendengar bahwa tidak boleh ada lubang sama sekali di pesawat untuk menjaga tekanan di dalam kabin. Pernahkah terlintas pertanyaan apa fungsi lubang tersebut?

Tidak perlu menjadi ahli mesin penerbangan untuk mengetahui mengapa kabin pesawat diberi tekanan agar penumpangnya tidak tersedot keluar yang pada umumnya berada pada ketinggian 11.000 meter di atas permukaan laut.

Terungkap lubang kecil di setiap jendela pesawat adalah bleed hole. Hal ini diungkapkan oleh seorang pilot British Airways, Mark Vanhoenacket. Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus tahu satu hal bahwa jendela pesawat itu terdiri dari tiga lapis panel.

Terbongkar Fungsi Lubang Kecil Jendela Pesawat! | Breaktime
Lubang kecil pada jendela pesawat ternyata sangat bermanfaat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Banyak Hal Unik Di Balik Perayaan Waisak

Nah, bleed hole tersebut berada pada panel kedua atau panel tengah. Lalu apa fungsinya? Sebelumnya, ketahuilah bahwa pesawat bisa terbang hingga ketinggian 35.000 kaki. Semakin tinggi pesawat, maka tekanannya akan semakin turun dan jatuh di bawah 0,2 kilogram persegi centimeter. Jelas itu menimbulkan perbedaan tekanan antara kabin pesawat dengan tekanan yang ada di luar pesawat. Hal tersebut membuat udara yang ada di dalam pesawat ingin keluar dari kabin untuk menyesuaikan dan memperbaiki keseimbangan tekanan tadi.

Meski lubang di panel tengah cukup kecil, rupanya fungsinya sangat besar. Lubang tersebut ternyata berfungsi untuk mengurangi tekanan yang ada di lapisan kaca jendela bagian tengah, sehingga hanya lapisan paling luar yang akan menghadapi tekanan selama penerbangan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lukisan Terkenal Ini Punya Kode Rahasia, Apa ya?

Tak hanya itu, lubang tersebut ternyata juga mampu melindungi penumpang dari embun akibat perbedaan temperature di darat dan di udara, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan awan yang menawan.

Kini sudah terbongkar fungsi lubang kecil di setiap jendela pesawat. Jadi, pada intinya setiap bagian dalam pesawat ataupun transportasi lainnya jelas memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri. Tidak mungkin mereka dibuat tanpa alasan tertentu, kan? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE