Sosok Lain Mendiang Robert Hardy Menteri Sihir | Breaktime
Sosok Lain Mendiang Robert Hardy Sang Menteri Sihir
10.08.2017

Meninggal dunia dalam usia 91 tahun pada Kamis, 3 Agustus 2017 silam, Robert Hardy merupakan salah satu aktor tersohor di Inggris. B’timers mungkin lebih mengenal beliau melalui karakter Cornelius Fudge sang Minister of Magic yang diperankannya dalam film seri Harry Potter. Berbeda dengan mayoritas aktor Inggris yang tak segan memainkan film layar lebar Hollywood, kiprahnya di luar dunia perfilman Internasionalnya hanyalah sebagai Menteri Sihir. Almarhum Robert Hardy mendedikasikan sebagian besar karirnya di serial televisi dan film British-based. Sebelum “menjabat” sebagai Menteri Sihir yang kaku dan taat peraturan, tahukah Anda mengenai perjalanan karir almarhum Robert Hardy yang telah berulang kali berperan sebagai Winston Churchill ini?

“Saya menikmati masa-masa saya memerankan tokoh Cornelius Fudge,” demikian komentarnya mengenai aktingnya di film serial Harry Potter. Sosoknya yang berwibawa rupanya menjadikan banyak sutradara dan produsen film tertarik mengajaknya berperan sebagai tokoh high politics di berbagai film dan serial kaca. Aktor kenamaan yang wafat di Denville Hall, sebuah rumah jompo khusus bagi pensiunan aktor tersebut hampir saja didapuk untuk berperan kembali sebagai Winston Churchill pada produksi teater The Audience besutan Peter Morgan, sebelum undur diri akibat cedera tulang rusuk yang dialaminya pada usia 87 tahun, tepatnya pada bulan Februari 2013. 

Sosok Lain Mendiang Robert Hardy Menteri Sihir | Breaktime
Sang Menteri Sihir dalam film seri Harry Potter

Awal karirnya sebagai pemeran Winston Churchill secara berulang kali diawali pada serial ITV yang dirilis pada tahun 1981 berjudul Winston Churchill: The Wilderness Years yang membawanya memenangkan penghargaan BAFTA. Pada wawancaranya dengan Daily Mail di  tahun 2015, Robert Hardy mengungkapkan bahwa memerankan pemimpin negara di masa perang merupakan tantangan terbesar sepanjang perjalanan karirnya. Robert Hardy kembali memerankan Winston Churchill di serial televisi The Woman He Loved (1988), mini seri War and Remembrance (1988-1989), Bomber Harris (1989), serial Agatha Christie’s Marple dalam episode The Sittaford Mystery (2006), dan Churchill: 100 Days that Saved Britain (2015).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siapa Sangka Miss Universe Ini Seorang Pilot!

Berbagai penampilannya sebagai Perdana Menteri Inggris di masa Perang Dunia II tersebut membuat Robert Hardy dikenang sebagai definitive actor Winston Churchill. Lebih lanjut lagi, surat kabar The New York Times berkomentar bahwa Robert Hardy identik dengan postur tubuh membungkuk nan agresif, langkah gontai, serta senyum khasnya yang galak. Peran pemimpin politik pun kembali dilakoninya, yakni sebagai Theodore Roosevelt dalam serial BBC keluaran tahun 2002 yang berjudul Bertie and Elizabeth.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sisi Lain Pendiri Amazon, Selain Jadi Terkaya

Selain berkecimpung dalam seni peran, Robert Hardy rupanya juga menggeluti dunia sastra dan pernah mendalami ilmu linguistik di bawah arahan C.S. Lewis dan J.R.R. Tolkien. Studinya di Magdalen College, Oxford sempat terhenti pada masa wajib militer dan bertugas di Royal Air Force, namun kembali dilanjutkan untuk meraih gelar Sastra Inggris yang diidamkannya. Memiliki ilmu pengetahuan tak terhingga di bidang linguistik, seni murni, dan sastra rupanya tak membatasi Robert Hardy untuk merambah bidang pengetahuan lainnya: sejarah dan weaponry, khususnya dalam hal longbow.

Ketertarikannya di dunia sejarah diawali dari perannya sebagai Raja Henry V pada panggung teater dan serial televisi An Age of Kings di tahun 1960. Selanjutnya, pada tahun 1963, Robert Hardy menulis film documenter televisi berjudul Battle of Agincourt di tahun 1963. Karya terbaiknya di bidang medieval warfare mengulas senjata longbow dalam buku The Great Warbow: From Hastings to the Mary Rose bersama penulis Matthew Strickland. Karya beliau tersebut kemudian mengantarnya menjadi salah satu konsultan sejarah yang mereproduksi situs kapal perang era Tudor, Mary Rose di tahun 1971.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Benda-Benda Aneh Ini Ditemukan Di Tubuh Manusia

Berbagai peran spektakuler dan pencapaiannya yang tak terhitung di dunia perfilman, layar kaca, maupun panggung drama di Inggris tersebut menjadikan Robert Hardy ditunjuk sebagai bangsawan bergelar Commander of the Order of the British Empire (CBE) oleh Ratu Inggris di tahun 1981. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE