Simak Fakta Menarik dari Nominasi Oscar 2016 | Breaktime
Simak Fakta Menarik dari Nominasi Oscar 2016
24.02.2016

Setelah tahun lalu nominasi Oscar menuai ribuan protes. Tahun ini bahkan lebih buruk, B’timers. Creed yang ditulis dan disutradarai oleh kulit hitam, Ryan Coogler, dan dibintangi seorang aktor kulit hitam, tetapi satu-satunya calon yang masuk nominasi adalah seorang pria kulit putih. Sementara Straight Outta Compton dipenuhi dengan pemain muda berbakat dan disutradarai oleh kulit hitam, F Gary Gray. Tapi film tersebut hanya dinominasikan untuk 2 orang kulit putih penulis skenarionya saja.

Well, banyak yang mengaku cukup terkejut ketika nominasi Oscar diumumkan beberapa waktu lalu, B’timers. Memang ada beberapa fakta yang benar-benar gila pada Oscar tahun ini. Dan sebagian besar sangat mengecewakan. Yuk, simak fakta nominasi Oscar 2016 berikut ini, B’timers.

Simak Fakta Menarik dari Nominasi Oscar 2016 | Breaktime
Host ketika membacakan nominasi Oscar 2016

Fakta menarik Oscar 2016

Anda mungkin menyimpulkan, bahwa nominasi mencerminkan prasangka institusional terhadap kelompok minoritas dan perempuan, B’timers. Namun masalahnya adalah, dengan studio besar seperti Hollywood dan sejumlah industri perfilman lainnya, total ada sekitar 300 film yang layak tahun ini. Dan yang sangat mengejutkan, fakta nominasi Oscar 2016 akan ditambah 150-an film yang disutradarai oleh perempuan. Sementara sekitar 40 film disutradarai orang kulit hitam, orang hispanik, keturunan Asia-Amerika, dan anggota minoritas lain.

Tahun lalu, Twitter diramaikan dengan #OscarSoWhite. Anda tentu masih ingat dengan trending topik tersebut kan, B’timers? Dan berikut fakta nominasi Oscar 2016 yang juga dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences:

  • Steven Spielberg berkat filmnya Bridge of Spies dinominasikan untuk kategori film terbaik. Selain itu dia juga menetapkan rekor untuk nominasi lain, seperti gambar terbaik.
Simak Fakta Menarik dari Nominasi Oscar 2016 | Breaktime
Spielberg dari balik lensa kamera
  • Jennifer Lawrence dinominasikan untuk Joy. Aktris yang pernah membintangi film Hunger Games ini menjadi wanita termuda yang 4 kali masuk nominasi, lho, B’timers.
  • Film Mad Max: Fury Road masuk dalam nominasi film terbaik. Dan ini merupakan nominasi kedua untuk George Miller, setelah film Babe pada tahun 1995.
  • Sang maestro, John William dengan Star Wars: The Force Awakens dinominasikan untuk penghargaan tahun ini.
Simak Fakta Menarik dari Nominasi Oscar 2016 | Breaktime
Sang maestro bersama tokoh dalam Star Wars
  • Komposer lain yang masuk nominasi Oscar 2016 adalah Thomas Newman untuk Bridge of Spies. Keluarga Newman hingga tahun ini masuk dalam 89 nominasi, B’timers! Wow!
  • Untuk kategori acting, memang muncul banyak pendatang baru. Dan 8 dari 20 nominasi yang ada merupakan nama baru, seperti Bryan Cranston, Tom Hardy dan Brie Larson.

Selain nama baru, 5 nominasi di bidang akting adalah pemenang Oscar sebelumnya. Termasuk di dalamnya Eddie Redmayne, Kate Winslet dan Christian Bale. (NO)

Share This Article