Seluk-Beluk Rencana Pernikahan Putri Jokowi | Breaktime
Seluk-Beluk Rencana Pernikahan Putri Jokowi
29.09.2017

Setelah menikahkan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka pada 11 Juni 2015 silam, kini giliran Presiden Indonesia Joko Widodo dan istrinya Iriana menikahkan putri mereka satu-satunya, Kahiyang Ayu. Kebahagiaan sepertinya berturut-turut menghujani keluarga Jokowi setelah Gibran menikahi mantan putri Solo, Selvi Ananda dan dianugerahi anak laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra pada 10 Maret 2016. Kahiyang Ayu, anak kedua Jokowi sekaligus putri tunggal dan kakak dari Kaesang Pangarep rupanya beberapa waktu ini tengah dekat dan dikabarkan segera menikah dengan kekasihnya, Muhammad Afif Bobby Nasution.

Setelah sekian lama beredar, kabar pernikahan putri Jokowi tersebut dipertegas dengan diadakannya jumpa pers pada Minggu, 17 September 2017 kemarin. Gibran, sang kakak, ditunjuk sebagai juru bicara keluarga terkait acara pernikahan Kahiyang tersebut. Gibran menuturkan bahwa untuk memudahkan para awak media, akan disediakan media center untuk membantu peliputan segala aspek yang berkaitan dengan pernikahan Kahiyang dan Bobby. Berikut ini beberapa hal yang perlu B’timers ketahui mengenai detail rencana pernikahan yang kabarnya akan diadakan pada 8 November 2017 kelak.

Seluk-Beluk Rencana Pernikahan Putri Jokowi | Breaktime
Kahiyang Ayu beserta ayahanda dan keluarga

Lulus dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013, putri Jokowi yang bernama lengkap Kahiyang Ayu memang telah didapati mengajak kekasihnya, Bobby Nasution pada beberapa kesempatan santai maupun acara resmi kenegaraan. Sebagai public figure yang kehidupan pribadinya tak luput menjadi konsumsi public, pernikahan keduanya juga mendapat sorotan netizen, termasuk beberapa ibu-ibu yang berkomentar di akun Instagram Kahiyang mengenai perempuan dari suku Jawa yang secara tradisional sebaiknya menikah dengan pria Jawa maupun Sunda. Bobby memang diketahui memiliki darah suku Batak Mandailing, seperti yang dapat diketahui dari nama marga Nasution yang melekat di namanya. Menanggapi reaksi netizen sedemikian rupa, Kahiyang sendiri hanya berujar bahwa seperti halnya rejeki dan kematian, jodoh sudah ditentukan oleh Tuhan dan tak perlu dikaitkan dengan latar belakang suku yang berbeda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fantastis, Wujud & Harga Penthouse Johnny Depp!
Seluk-Beluk Rencana Pernikahan Putri Jokowi | Breaktime
Gedung Graha Sabha Buana, gedung yang digunakan untuk resepsi pernikahan Kahiyang

Uniknya, pernikahan Kahiyang dan Bobby rupanya diselenggarakan pada pertengahan minggu alias hari kerja, tepatnya pada Rabu, 8 November 2017. Acara sakral tersebut kabarnya akan dihelat di gedung resepsi yang juga digunakan oleh kakaknya Gibran, yakni di Gedung Graha Sabha Buana. Gedung pertemuan yang dimiliki oleh Jokowi tersebut berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No. 80 B, Banjarsari, Solo dan sudah menjadi salah satu tempat resepsi pernikahan yang cukup populer di Kota Solo. Saking populernya gedung tersebut, para penyewa gedung pun tiada henti menggunakan gedung tersebut untuk resepsi pernikahan bergiliran sepanjang hari, bahkan hingga di akhir pekan. Karena itulah Kahiyang memilih mengadakan resepsi pernikahan selain di akhir pekan, tepatnya pada hari Rabu. Selain karena padatnya jadwal sewa gedung, tanggal pernikahan putri Jokowi tersebut rupanya juga merupakan hasil perhitungan dari tanggal baik berdasarkan tradisi Jawa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fantastis, Wujud & Harga Penthouse Johnny Depp!

Tak hanya gedung resepsi pernikahan yang sama, pernikahan Kahiyang dengan Bobby dan pernikahan kakaknya, Gibran dan Selvi juga memiliki jumlah weton yang sama. Weton merupakan kalender tradisional Jawa yang juga digunakan untuk mengetahui tingkat kecocokan pasangan satu sama lain. Jumlah weton dalam pernikahan Kahiyang diketahui dari tanggal lahirnya dan kekasihnya, Bobby. Kahiyang lahir pada Sabtu Pon, 20 April 1991 sedangkan Bobby lahir pada Jumat Wage, 5 Juli 1991. Tanggal lahir keduanya apabila dihitung berdasarkan weton menghasilkan penjumlahan 16 dan 10, yang apabila dijumlah menjadi 26. Totok Yasmiran, seorang ahli pawukon alias ahli perhitungan kalender Jawa kuno, menuturkan bahwa dari angka 26 setelah dikalkulasi menghasilkan angka satu yang berarti Sri atau makmur dalam bahasa Jawa, artinya Bobby dan Kahiyang memang memiliki kecocokan untuk menikah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Hadiah Ulang Tahun Selebriti Paling Mewah

Pernikahan putri Jokowi tersebut nantinya akan dilaksanakan dengan adat Jawa yang dimulai dengan rangkaian prosesi siraman pada Selasa, 7 November. Katering dan wedding organizer yang akan mengelola acara pernikahan terebut merupakan Chilli Pari yang merupakan usaha katering dan one-stop wedding milik adik bungsu Kahiyang, Kaesang Pangarep. Semoga persiapan pernikahan Kahiyang dan Bobby senantiasa lancar hingga berlangsungnya hari bahagia ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE