Guru Yoga BKS Iyengar Tampil Dalam Google Doodle | Breaktime
Sang Guru Yoga BKS Iyengar Tampil Dalam Google Doodle
14.12.2015

Apakah B’timers sudah berselancar dengan dunia maya hari ini? Bila berkunjung ke halaman utama Google, Anda akan terhibur dengan animasi google doodle. Yap, di sana ada animasi seorang pria tua berkulit cokelat yang tampak melakukan senam yoga.

Pria tersebut tak lain dan tak bukan adalah Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyenger atau yang lebih akrab disapa BKS Iyenger. Ia dikenal sebagai bapak yoga modern yang mempopulerkan berbagai buku seputar yoga dan filosofi kehidupan. Buku-buku tersebut antara lain berjudul “Light on Yoga”, “Light on the Yoga Sutras of Patanjali”, serta “Light on Life.”

BKS Iyengar sendiri lahir di Bellur, Distrik Kollar pada tanggal 14 Desember 1918. Ia merupakan anak ke-11 dari 13 anak Sri Krishnamachar dan Sheshamma. Saat kecil, Iyengar sangat akrab dengan kesulitan yang dialami keluarga dan desanya. Pernah suatu hari desa Iyengar dilanda pandemik influenza dan berbagai penyakit mulai dari malaria, TBC, demam typhoid, hingga gizi buruk pernah dialaminya.

Guru Yoga BKS Iyengar Tampil Dalam Google Doodle | Breaktime
Tampilan Google doodle BKS Iyengar yang jenaka

Cobaan berat Iyengar tak hanya berhenti di sana. Saat berusia 9 tahun, ayah Iyengar meninggal dunia. Oleh karena itu, kakak iparnya yang merupakan seorang yohi, memintanya untuk datang ke Mysore guna belajar yoga. Selanjutnya, di usia ke-18, Iyengar telah menjadi guru yoga.

Sejak saat itulah, nama BKS Iyengar terus meroket. Bahkan, ia menjadi lebih terkenal setelah sahabatnya, Yehudi Menuhin, seorang pemain biola memperkenalkan namanya pada dunia. Hingga akhirnya BKS Iyengar benar-benar terkenal karena yoga. Bahkan, buku Iyengar yang berjudul “Light on Yoga” sudah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa hingga 3 juta salinan pada tahun 2005.

Wow, luar biasa sekali, bukan? Namun, di tanggal 20 Agustus 2014 Iyengar meninggal dunia. Semau inspirasinya di dalam dunia yoga pun masih tetap dikenang hingga sekarang. Itulah mengapa hari ini Google spesial membuat google doodle BKS Iyengar guna memperingati ulang tahunnya yang ke-97. (vsc)

Share This Article