Sang Diva Titi DJ Apresiasi Pelestarian Batik Indonesia | Breaktime
Sang Diva Titi DJ Apresiasi Pelestarian Batik Indonesia
18.10.2015

Penyanyi berusia 49 tahun ini ternyata tak cuma peduli terhadap dunia seni, ia juga memberikan perhatian terhadap pendidikan di Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, Titi DJ menyampaikan masukannya mengenai kurikulum pendidikan di Indonesia.

Titi berharap pembelajaran mengenai batik mulai diperkenalkan di tiap sekolah dasar di seluruh penjuru Indonesia. Titi mendapatkan insipirasi batik tersebut sudah dari dulu hanya saja momennya untuk menyampaikan baru terlaksana pada tanggal 2 Oktober kemarin tepat bersamaan dengan perayaan hari batik nasional.

Sang Diva Titi DJ Apresiasi Pelestarian Batik Indonesia | Breaktime
Penampilan sang diva dalam balutan busana batik

Selain ingin pelajaran tersebut diadakan mulai saat ini, Titi berharap karya turun temurun yang legendaris itu tetap lestari sampai ke generasi selanjutnya. Karena pada kenyataannya banyak sekali jenis batik yang diklaim oleh negara lain karena di Indonesia batik tersebut tidak dilestarikan.

Titi turut mengajak masyarakat untuk tetap menghargai para pengrajin batik yang rela menghabiskan waktunya untuk menenun, mewarna, dan menggambar kain batik tersebut. Seperti yang kita ketahui, pembuatan batik tidaklah mudah karena detail dan campuran warna harus sesuai dengan tema batik itu sendiri.

Alasan kuat mengapa salah satu diva terkenal ini ingin melestarikan batik ini adalah, keanekaragaman batik yang ada di masing-masing provinsi sangat indah. Hampir di setiap provinsi memiliki batiknya sendiri, seperti mega mendung, hakokai, kawung, naga, lasem sekar jagad, dan masih banyak lagi.

Masing-masing jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Inilah mengapa banyak orang yang ingin melestarikannya, karena inilah salah satu dari sekian banyaknya warisan leluhur yang kaya akan nilai seni.

Share This Article