Randy Newman, Si Jenius Dubber di Disney-Pixar | Breaktime
Randy Newman, Si Jenius Pengisi Suara Latar di Disney-Pixar
28.11.2015

Di Indonesia, mungkin jarang ada yang mengenal sosok Randall Stuart ‘Randy’ Newman. Tapi tahukah Anda, B’timers, bahwa Anda sendiri mungkin sering mendengarkan hasil karyanya, lho.

Lebih dikenal dengan nama Randy Newman, pria yang lahir pada tanggal 28 November 1948 di Los Angeles, California, Amerika Serikat ini merupakan seorang penyanyi, pencipta lagu, komposer, dan juga pianis. Banyak karya-karyanya yang dijadikan soundtrack film dan juga tidak sedikit dari lagu-lagu ciptaannya itu dirilis atau dinyanyikan ulang oleh penyanyi-penyanyi top dunia, seperti Judy Collins, Peggy Lee, Ella Fitzgerald, sampai dengan Joni Mitchell.

Masa muda

Pria berbintang Sagitarius ini telah menunjukkan bakatnya pada seni musik sejak kecil. Newman belajar untuk bermain piano sejak usia 7 tahun. Dia berlatih dan belajar ekstra keras di usia yang masih terbilang anak-anak tersebut. 

Ciri musiknya di waktu itu sangat dipengaruhi oleh jenis musik yang dibawakan atau diciptakan paman-pamannya, seperti Alfred, Emil dan Lionel Newman, yang juga merupakan musisi terkenal yang karya-karyanya digunakan sebagai musik latar dalam sebuah film. Selain itu, Newman juga memiliki alur musisi dalam keluarganya, kakeknya Luba dan Michael Newman juga merupakan komposer di eranya.

Anak dari Adele ‘Dixie’ seorang sekretaris dan Irving George seorang internist ini tinggal di New Orleans sejak kecil hingga umum 11 tahun dan kemudian dia kembali ke Los Angeles ketika menginjak umur 12 tahun.

Setelah lulus dari University High School di Los Angeles, Newman belajar musik di University of California. Sayangnya, dia harus dikeluarkan dari tempatnya menimba ilmu musik tersebut, karena suatu alasan.

Randy Newman, Si Jenius Dubber di Disney-Pixar | Breaktime
Randy Newman semasa muda

Kehidupan pribadi

Tidak seperti karirnya yang terus menjulang, Newman mengalami kegagalan dalam pernikahan. Dia sempat menikah sebanyak 2 kali. Dari pernikahan pertamanya bersama seorang wanita bernama Roswitha Schmale, dia dikharuniai 3 anak dan pada pernikahan keduanya bersama Gretchen Preece, dia mendapatkan 2 anak.

Awal karir

Newman mulai menjadi seorang penulis lagu professional sejak umur 17 tahun. Dia mengatakan bahwa selain keluarga, Ray Charles adalah inspirasinya dalam bermusik. Banyak karyanya dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi terkenal di tahun 1960-an. Dan single pertamanya berjudul “Golden Girdiron Boy” yang dirilisnya pada tahun 1962 atau saat dia berusia 18 tahun. Dikarenakan singlenya kurang begitu sukses, Newman berkonsentrasi untuk menjadi seorang penulis lagu dan pengaransemen musik. Dia melakukannya selama beberapa tahun sejak single pertamanya dirilis.

Masa keemasan

Setelah berkutat menjadi pengarasemen musik dan penulis lagu, apa yang dia kerjakan selama itu akhirnya membuahkan hasil. Dia mendapatkan hak royalty setelah lagu ciptaannya dibawakan oleh The Fleetwoods, grup vocal dari Olympia, Washington, Amerika Serikat.

Sejak saat itu, karir Newman mulai menanjak dan dia menjadi terkenal. Bahkan beberapa lagunya masuk dalam top chart di Inggris dan Amerika Serikat. Tidak ingin berhenti hanya sebagai penulis dan penyanyi saja, dia juga mulai menulis scenario film yang dimulainya pada tahun 1971 dengan judul “Cold Turkey.”

Dari situlah, dia membuka diri dan mengembangkan talennya di berbagai jenis musik yang lain. Bahkan tidak sedikit penghargaan yang dia terima karena karya-karyanya memang fenomenal. Di tahun 2000-an, Newman mulai memberikan kontribusinya untuk mengisi lagu latar film-film Disney-Pixar, contohnya pada film Monster Inc. atau juga Cars. (das)

Share This Article