Dari Pulau Terluar Sampai Libur Nasional | Breaktime
Pilkada 2017: Dari Pulau Terluar Sampai Libur Nasional
15.02.2017

Tepat hari ini, 15 Februari 2017 diadakan pilkada serentak di 101 wilayah Indonesia. Banyak yang diperbincangkan jauh sebelum acara pilkada dimulai. Mulai dari masa kampanye yang riuh sampai dengan masa tenang yang bikin para calon deg-degan. Salah satu yang paling ramai dan banyak diperbincangkan adalah pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Bagaimana tidak, dari tiga pasangan calon yang saat ini sedang berjuang memiliki ceritanya masing-masing.

Mari kita ingat kembali tentang Anies Baswedan yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jakarta bersama dengan calon wakilnya Sandiaga Uno.

Lain lagi dengan calon gubernur yang paling menghebohkan adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Agus adalah putra sulung mantan presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, karena niatnya untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur mendampingi wakilnya Sylviana Murni, Agus harus mengundurkan diri dari TNI. Keputusan Agus Yudhoyono ini sempat mengecewakan masyarakat Indonesia.

Dari Pulau Terluar Sampai Libur Nasional | Breaktime
Pengiriman logistik pilkada serentak 2017 untuk pulau terluar Indonesia (Photo by aktual.com)

Cerita lain juga datang dari gubernur Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Beliau tengah menghadapi kasus yang menyebut dirinya melakukan penistaan terhadap agama Islam. Di tengah polemic tersebut, Ahok bersama wakilnya Djarot Saiful Hidayat.

Namun, selain tiga cerita itu banyak hal-hal yang luput dari ekspos media yang berkaitan dengan pilkada serentak hari ini. Salah satu yang luput dari pemberitaan media adalah bagaimana pilkada di pulau terluar Indonesia. Ada dua pulau terluar Indonesia yang masuk dalam wilayah Aceh Besar, yaitu Pulau Breuh dan Pulau Nasi.

Pengiriman logistik untuk kepentingan pilkada 2017 ke dua pulau ini membutuhkan sedikit perjuangan. Untuk sampai di pulau ini hanya ada jalur laut dengan menggunakan boat nelayan atau kapal Polisi Perairan. Selain kedua pulau tersebut, masih banyak pulau terluar di Aceh seperti Pulau Singkil dan Pulau Simeuelue.

Tak hanya Aceh, Sulawesi juga memiliki wilayah yang jadi pulau terluar Indonesia, yaitu Pulau Batu Atas tepatnya Kabupaten Buton Selatan yang jadi wilayah terjauh di sana. Namun, pada kenyataannya semua logistik telah sampai dengan aman dan diharapkan pilkada 2017 ini berjalan dengan lancar.

Dari Pulau Terluar Sampai Libur Nasional | Breaktime
Presiden Jokowi juga menetapkan 15 Februari sebagai Hari Libur Nasional (Photo by Google)

Di Pulau Jawa juga ada pengiriman logistik yang cukup membutuhkan perjuangan dan pengawalan ketat, yaitu ke daerah Nusakambangan. Pengawalan ketat karena pengiriman logistik untuk pilkada dilakukan oleh empat anggota Polsek Kawunganten, dua anggota TNI dari Koramil Kawunganten, dua anggota Satpol PP, dan seorang panwas dari Kecamatan Kampung laut. Ini dilakukan bukan karena tingkat kriminalitas yang tinggi, tetapi karena desa-desa di Nusakambangan mayoritas merupakan daerah perairan dan muara.

Fakta pilkada serentak 2017 yang paling menghebohkan adalah tentang keputusan Presiden Jokowi yang menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional. Keputusan ini tertera dalam surat Keppres nomor 3/2017. Bahkan untuk daerah yang tidak melaksanakan pilkada, kebijakan ini juga berlaku.

Kebijakan presiden didukung dengan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 10 Februari nomor B/9/M.KT.02/2017 tentang pelaksanaan hari libur nasional. Meski begitu, semua masyarakat Indonesia berharap untuk daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2017 berjalan dengan lancar, aman, dan sukses. (vpd)

Share This Article