Penasaran, Begini Wajah Asli Majikan Tom & Jerry | Breaktime
Penasaran, Begini Wajah Asli Majikan Tom & Jerry!
22.08.2017

Siapa sih yang tak asing dengan tayangan kartun Tom & Jerry? Ditayangkan di berbagai layar kaca Indonesia pada jam tayang acara anak-anak, Tom & Jerry pernah menjadi salah satu acara kesayangan yang selalu dinantikan anak-anak. Selain adegan kejar-kejaran dan berbagai keisengan yang saling dilakukan Tom dan Jerry, B’timers tentu familiar dengan beberapa karakter yang silih berganti mengisi tayangan ini selain si kucing dan tikus karakter utama.

Selain Tom dan Jerry, beberapa binatang yang sering muncul dalam kartun ini adalah Spike dan Tyke sang ayah dan anak bulldog yang sering bekerja sama dengan Jerry membalas Tom, serta kucing bernama Butch dan Toodle kawan Tom. Di samping para binatang, pernahkah B’timers menyadari keberadaan majikan manusia di rumah Tom?

Seringkali digambarkan sebagai wanita gemuk berkulit hitam, pemilik Tom tersebut biasanya hanya muncul untuk memarahi Tom. Jerry biasanya akan mengerjai Tom dengan cara menyabotase tugas rumah yang diberikan wanita tersebut kepada Tom atau membuat rumah berantakan hanya untuk membuat Tom terkena amukan majikan dan diusir dari rumah. Artinya, peran wang pemilik tersebut cukup signifikan untuk menggerakkan upaya permusuhan dan kenakalan yang saling dilakukan Tom dan Jerry. Sayangnya, wajah sang wanita pemilik tersebut tak pernah nampak di hampir semua tayangan Tom & Jerry. Setiap kali tokoh tersebut muncul di layar, tubuhnya selalu hanya disorot sampai bagian bahu saja, dengan menunjukkan wanita gemuk berkulit hitam dan berdada besar. 

Penasaran, Begini Wajah Asli Majikan Tom & Jerry | Breaktime
Ini dia Mammy Two Shoes, sang wanita pemilik Tom dalam Tom & Jerry
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ryan Reynolds Jadi Bodyguard Samuel L. Jackson?

Hingga baru-baru ini, sebuah akun facebook bernama Be Like Bro mengunggah sebuah gambar yang akhirnya menjawab rasa penasaran para penggemar Tom & Jerry di waktu cilik. Gambar yang hingga kini telah dibagikan sebanyak 15 ribu kali tersebut menunjukkan seorang wanita paruh baya tengah berlari dalam salah satu adegan dalam tayangan Tom & Jerry berjudul Saturday Evening Puss. Judul yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1950 ini menunjukkan adegan ketika wanita tersebut memarahi Tom setelah berulah dengan mengadakan pesta di rumahnya. Meski hanya nampak sekilas selama beberapa saat, B’timers akan mengetahui wajahnya dengan jelas apabila Anda mem-pause tayangan tepat pada detik ketika sang pemilik berlari mengejar Tom.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terungkap Alasan Dicekalnya 3 Film Sejarah Ini

Wanita yang belakangan ini diketahui bernama Mammy Two Shoes tersebut rupanya terinspirasi dari sang pengisi suara perdana karakter tersebut, yakni seorang aktris bernama Lillian Randolph.  Meski beberapa kali digantikan dengan pengisi suara yang lain seperti June Foray, Thea Vidale, hingga Nicole Oliver, tokoh Mammy hampir selalu muncul di setiap judul dengan sosok wanita gemuk berkulit hitam yang sama. Adegan khas Mammy ialah memarahi Tom atas kekacauan yang dilakukannya maupun ketakutan akan sosok Jerry hingga loncat ke atas kursi sambil mengangkat roknya yang berlapis-lapis. Di luar kekonyolan karakter Mammy, tahukah B’timers bahwa sosok wanita pemilik Tom tersebut pernah menyeret tayangan Tom & Jerry hingga terjerat isu rasisme?

Penasaran, Begini Wajah Asli Majikan Tom & Jerry | Breaktime
Lillian Randolph, inspirasi karakter Mammy Two Shoes

Para penonton Tom & Jerry dari Indonesia dan negara lainnya mungkin tak sadar akan adanya isu rasisme yang diangkat dalam tayangan tersebut. Warga Amerika yang familiar dengan diskriminasi ras kulit hitam di Amerika pada zaman dahulu mungkin aware bahwa karakter Mammy merupakan sosok stereotipikal nursemaid atau nanny berkulit hitam di keluarga kulit putih. Setelah berulang kali diprotes hingga mendapat peringatan rasisme dari Amazon, pihak Hanna-Barbera sebagai produsen Tom & Jerry pun mengganti karakter Mammy Two Shoes menjadi wanita berkulit putih.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Falling for a Murderer: Maundy Thursday Sinopsis

Terlepas dari kontroversi soal isu rasisme di seputar karakter Mammy Two Shoes, sosoknya tetaplah signifikan dalam jalan cerita Tom & Jerry sekaligus memorable bagi para penonton yang terhibur dengan kekonyolannya saat ketakutan dengan Jerry atau kegalakannya saat memarahi Tom. Whoopi Goldberg, seorang selebriti berkulit hitam pernah menyatakan bahwa meskipun mengandung isu diskriminasi, karakter Mammy sangatlah perlu untuk digambarkan dengan wanita berkulit hitam sebagai wujud representasi kaum kulit hitam dalam tayangan kartun anak-anak. (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE