Pahlawan! Maudy Ayunda Jadi Duta Modern Slavery! | Breaktime
Pahlawan! Maudy Ayunda Jadi Duta Modern Slavery!
16.03.2017

Satu lagi aktris muda yang kaya akan bakat dari negeri tercinta Indonesia membuktikan bahwa, dirinya tak hanya beruntung karena dibekali setumpuk talenta. Ya, aktris sekaligus penyanyi bersuara merdu ini ditunjuk oleh Global Freedom Network atau GNF serta Universitas Paramadina untuk menjadi duta dari Anti Perbudakan Modern, B’timers.

Dalam acara yang berlangsung di Istana Wakil Presiden Jusuf Kalla, nama Maudy Ayunda disebut untuk turut andil di dalam gerakan melawan perbudakan modern yang belakangan ini justru semakin meluas, B’timers. Ungkapan kebahagiaan disertai rasa banga pun dituangkan si cantik berambut hitam yang satu ini di dalam akun Instagram miliknya.

Baca juga : HARU, MODEL SURVIVOR KANKER PAYUDARA DI NYFW 2017

Tulisnya, “It was an honor to speak as a member of the young generation on the value of freedom and freewill that is atrociously taken awal from individuals in case of Modern Slavery.” Aktris yang pernah bermain di dalam film Refrain ini juga tidak lupa menambahkan #globalfreedomnetwork sebagai salah satu wujud penghormatannya terhadap peran penting yang dia emban, B’timers.

Pahlawan! Maudy Ayunda Jadi Duta Modern Slavery! | Breaktime
Si cantik berhati malaikat. Photo by google.com

Well, miris memang jika melihat pertumbuhan dari perbudakan yang justru semakin meningkat di era modern seperti sekarang ini, ya, B’timers. Korbannya pun tak hanya orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Jumlah terbesar dari korban perbudakan adalah wanita. Nah, di bawah ini beberapa tanda dari bentuk modern slavery yang harus Anda ketahui, B’timers!

Baca juga : SOSOK RARA SEKAR, MIRIP BANGET DENGAN ISYANA

Bentuk pertama dari modern slavery yang paling banyak terjadi di seluruh belahan dunia adalah kerja paksa. Semua pekerja yang tidak memiliki kebebasan dalam mengungkapkan keinginannya serta tidak mendapatkan upah yang seharusnya masuk ke dalam bentuk perbudakan, lho, B’timers. Nah, ternyata kasus seperti ini masih banyak ditemukan hingga saat ini.

Pahlawan! Maudy Ayunda Jadi Duta Modern Slavery! | Breaktime
Tak jarang perbudakan terjadi di tempat kerja kita, lho

Selanjutnya ada buruh terikat, di mana seseorang dipaksa untuk bekerja dalam rangka melunasi hutang yang dia miliki. Biasanya antara majikan dan buruh telah memiliki kesepakatan pada awal masa kontrak. Lalu saat si buruh terlibat hutang, akhirnya dia dipaksa untuk menjalani kontrak ilegal yang dibuat tanpa persetujuan kedua belah pihak. Ini tetap merupakan bentuk eksploitasi, lho.

Baca juga : GOOGLE DOODLE: PEREMPUAN PALING BERPENGARUH DI DUNIA

Lalu ada pula masalah perbudakan seks yang seolah tidak pernah ada habisnya, B’timers. Tidak hanya wanita dan pria dewasa saja yang dieksploitasi dalam industri seks komersial, lho. Karena berdasarkan penelitian, jumlah korban anak-anak jauh lebih tinggi. Nah, kasus eksploitasi di bidang yang satu ini, termasuk seperti pornografi, prostitusi, hiburan erotis, klub strip, layanan online hingga pijat seks.

Pahlawan! Maudy Ayunda Jadi Duta Modern Slavery! | Breaktime
Korban perbudakan biasanya kaum wanita, B’timers

Perbudakan anak juga tak kalah maraknya terjadi di zaman modern, lho. Meskipun telah sudah undang-undang yang mengatur usia minimal dari pekerja, namun pada kenyataannya masih banyak, bahkan terlalu banyak anak berusia di bawah 18 tahun yang dipaksa untuk bekerja. Mereka diperbudak untuk melepaskan diri dari jeratan hutang.

Yang harus segera diberantas selanjutnya adalah bentuk perbudakan domestik, B’timers. Dalam kasus satu ini biasanya budak dipaksa untuk bekerja di tempat yang sangat tersembunyi, seperti rumah milik pribadi. Tak sedikit pembantu rumah tangga yang menjadi budak dari majikannya karena tidak mampu melawan. Apalagi jika mereka tidak memiliki ketrampilan berkomunikasi di tempat tersebut.

Dengan banyaknya kasus perbudakan di era modern, tentunya kita harapkan peran Maudy Ayunda demi memberantas bentuk modern slavery berhasil, ya, B’timers? Terus berkaya, Maudy! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE