Negara-Negara Ini Boikot Beberapa Musisi, Why? | Breaktime
Negara-Negara Ini Boikot Beberapa Musisi, Why?
13.08.2017

B’Timers, masih ingatkah Anda dengan insiden dimana Lady Gaga dilarang manggung di Indonesia beberapa tahun silam? Pelantun lagu “Born This Way” ini dituntut untuk tidak menggelar konsernya di Jakarta oleh salah satu ormas Islam yaitu FPI. Seperti yang sudah kita tahu, Lady Gaga memang terkenal dengan kostum panggungnya yang seksi dan style koreografi yang sensual. Gak heran jika beberapa tokoh ormas Islam khawatir kalau ia akan mempengaruhi moral generasi muda.

Untuk Little Mosters, insiden Lady Gaga itu pasti menorehkan kekecewaan yang dalam, ya? Dan ternyata, gak hanya Indonesia saja yang membuat musisi gagal manggung. Beberapa negara lain juga pernah melarang musisi-musisi ternama tampil dengan alasan yang terbilang unik dan bikin geleng-geleng kepala. Waduh, kenapa nih kira-kira?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sosok Lain Mendiang Robert Hardy Sang Menteri Sihir
  • Filipina

Anda boleh saja menolak undangan dari teman atau anggota keluarga, tapi jangan sampai deh Anda menolak undangan dari istri Presiden Ferdinand Marcos. Paling nggak, itulah pelajaran yang dipetik oleh para personel The Beatles. Tak ada satupun dari mereka yang menyangka kalau hanya karena mereka ‘menolak’ undangan dari First Lady Imelda Marcos bakal berakhir dengan peristiwa pemboikotan oleh seluruh warga Filipina.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siapa Sangka Miss Universe Ini Seorang Pilot!

Dan ironisnya, akar dari kejadian ini sebenarnya adalah kesalahpahaman. Ya, The Beatles sama sekali tidak mengetahui bahwa ternyata pihak promotor menjanjikan Lady Imelda untuk menghadirkan The Beatles dalam acara makan pagi bersama. Dan karena pihak The Beatles sama sekali tidak mengetahui hal tersebut, mereka pun menolak dengan sopan untuk menghadiri acara yang diadakan oleh First Lady.

Dan sepertinya First Lady dan rakyat Filipina tidak terlalu baik dalam menghadapi penolakan. Rakyat Filipina yang tersinggung pun turun ke jalan dan berdemo di depan hotel tempat personel band ini menginap. Personel The Beatles pun diusir paksa dari hotel dan terpaksa meninggalkan negara tersebut. Bahkan manajer The Beatles menderita cedera akibat amuk massa. Mereka bahkan dipaksa untuk melakukan refund. Gak heran jika grup musisi ini jadi kapok dan bersumpah gak akan menginjakkan kaki kembali ke Filipina. 

Negara-Negara Ini Boikot Beberapa Musisi, Why? | Breaktime
Miley Cyrus kena boikot di China
  • China

Negara China bisa dibilang menjadi salah satu negara yang paling sering memboikot musisi-musisi mancanegara. Yang pertama adalah Miley Cyrus. Musisi yang semakin melejit namanya dengan aksi panggung twerking-nya ini gagal manggung di China gara-gara munculnya foto yang memperlihatkan ia dan teman-teman menyipitkan mata yang jelas-jelas mengimitasi bentuk mata orang China.

tersebut dinilai sebagai bentuk pelecehan terhadap warga China. No wonder they were pissed off. Pemerintah China gak hanya memboikot konsernya, acara-acara televisi dan iklan yang menampangkan wajah Miley Cyrus pun dilarang tayang. Wow. . .

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sisi Lain Pendiri Amazon, Selain Jadi Terkaya

Selain Miley, pemerintah China juga memboikot grup penyanyi Oasis. Alasannya lebih ke pandangan politik sih. Penyebab dari aksi pemboikotan ini ditengarai karena personel vokalis Noel Gallagher pernah tampil di acara konser di New York yang bertajuk penggalangan dana untuk pembebasan Provinsi Tibet

Sedangkan di China, Provinsi Tibet dan China sendiri sedang terlibat dalam konflik dimana Tibet ingin membebaskan diri dan menjadi negara mandiri. Hmmm. . . sepertinya keberpihakan Noel terhadap perjuangan rakyat Tibet itu yang membuat pemerintah China berang.

  • Mesir

Negara asal Pharaoh ini juga sempat beberapa kali menolak kedatangan beberapa musisi mancanegara untuk melakukan konser di sana. Salah satunya adalah penyanyi legendaris Madonna. Alasannya adalah karena Madonna baru saja melakukan kunjungan ke negara Israel. Both countries have been on each other’s neck since 1948, dan sepertinya kunjungan Madonna ke Israel mengisyaratkan seakan ia berpihak pada negara Israel. Dan sayangnya, benar tidaknya asumsi tersebut sampai sekarang juga tidak diketahui.

B’Timers, bagaimana menurut Anda? Apa alasan dari negara-negara di atas masuk akal?



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE