Mengenang Karier Alan Rickman ‘Severus Snape’ | Breaktime
Mengenang Perjalanan Karier Alan Rickman ‘Severus Snape’
15.01.2016
“When I’m 80 years old and sitting in my rocking chair, I’ll be reading harry Potter. And my family will say to me, ‘After all this time?’ And I will say, ‘Always’.” – Alan Rickman

Itulah sepenggal kalimat yang pernah diucapkan oleh Alan Rickman atas kecintaannya terhadap Harry Potter. Jika masih asing dengan nama ini, Anda mungkin familiar dengan Severus Snape.

Yup, Alan Rickman merupakan pemeran Severus Snape dalam film Harry Potter. Masih jelas di ingatan, dalam film ini, Rickman memerankan guru Ramuan dan Pertahanan Terhadap Ilmu hitam yang memiliki hidung bengkok seperti elang dan rambut hitam klimis.

Mengenang Karier Alan Rickman ‘Severus Snape’ | Breaktime
Alan Rickman sebagai Severus Snape dalam Harry Potter

Dalam Harry Potter, di awal hingga menjelang akhir cerita, Snape merupakan salah satu bagian dari Pelahap Maut dan musuh Harry Potter, Voldemort. Ia kerap kali memberikan kesulitan dan menghukum tindakan yang dilakukan Harry.

Namun, pada akhirnya, semua terungkap bahwa selama ini Snape berlaku jahat hanya karena ingin melindungi Harry yang memiliki mata seperti ibunya, wanita yang selalu dicintai oleh Snape sejak ia kecil. Peran Rickman sebagai Snape yang begitu menjiwai ini membuatnya dicintai oleh penggemar Harry Potter.

Sayangnya, kecintaan Rickman terhadap Harry Potter dan kalimat yang pernah diucapkannya tersebut tak bisa ia lakukan lagi. Rickman yang menghabiskan hidupnya sebagai aktor dan sutradara berbakat ini, meninggal di usia 69 tahun setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya. Kematian Rickman ini membawa duka mendalam bagi keluarga dan teman terdekatnya, terlebih mereka yang pernah membintangi film Harry Potter, Die Hard, dan Robin Hood bersamanya.

Di dunia perfilman, Rickman dikenal sebagai aktor multitalenta dengan suara yang tegas dan pesona jahatnya yang menakjubkan. Bahkan, bagi Jeremy Corbyn, Rickman merupakan salah satu aktor terbesar dari generasinya.

Mengenang Karier Alan Rickman ‘Severus Snape’ | Breaktime
Sosok Alan Rickman yang hebat akan selalu terkenang

Teman-temannya yang tergabung dalam Harry Potter, menyampaikan duka mendalam melalui sosial media atas kematian Rickman ini.

“Aku sangat yakin dia datang dan melihat semua penampilan yang aku lakukan di atas panggung London dan New York. Dia tak perlu melakukan itu.” – Daniel Radcliffe

“Aku merasa sangat beruntung telah bekerja dan menghabiskan waktu dengan seorang pria dan aktor spesial.” – Emma Watson

“Meskipun ia telah pergi, aku akan selalu mendengar suaranya.” – Rupert Grint

“Menakutkan saat bertemu Rickman dalam karakter Snape, tapi dia begitu baik dan murah hati saat tak lagi menggertak.” – Evanna Lynch

“Aktor berbakat dan pria yang luar biasa.” – J.K. Rowling

Selamat jalan Rickman, karyamu akan selalu terkenang di hati kami. (dfr)

Share This Article