Mengenang Berbagai Peristiwa Unik 100 Tahun Lalu | Breaktime
Mengenang Berbagai Peristiwa Unik 100 Tahun Lalu
21.11.2017

Menjelang penghujung tahun 2017, B’timers tentunya telah mendaftar hal-hal unik dan menarik apa saja yang telah terjadi pada tahun ini di dunia. Dalam skala global, ada banyak hal luar biasa yang terjadi dan menggemparkan segenap umat manusia. Sebut saja pemerintahan Donald Trump di Amerika Serikat dan berbagai kebijakan kurang populis yang diambilnya. Belum lagi isu pemerkosaan dan pelecehan seksual yang melibatkan banyak petinggi industri perfilman Hollywood sejak korban Harvey Weinstein buka suara.

Ketika berbagai perkembangan teknologi telah mempercepat arus informasi di seluruh dunia, seringkali Anda meremehkan bahwa kehebohan semacam itu rupanya telah terjadi sejak lama sepanjang peradaban manusia. 100 tahun lalu, tepatnya di tahun 1917, berbagai kejadian mengejutkan dan menghebohkan pernah terjadi di seluruh dunia. Jauh sebelum tokoh fiksi Spider-Man mendunia lewat komik dan layar lebar, misalnya, John Reynolds telah melakoni kegiatan akrobatik yang serupa. Pertunjukan bertajuk “The Human Fly” tersebut menghibur masyarakat lewat atraksi keseimbangan di tepian gedung pencakar langit. Hiburan yang menarik hingga 1.500 penonton tersebut dilakukannya dengan furnitur Lansburgh di puncak gedung bertingkat di Washington, DC.

Dunia hiburan selalu penuh dengan hal-hal menarik. Siapa sangka bahwa hewan yang sekilas terlihat biasa saja seperti burung unta bisa menjadi atraksi pariwisata populer. Edwin Cawston, seorang pengusaha asal California tertarik mendatangkan 50 ekor burung unta dari Afrika Selatan dalam nominal dana yang mencengangkan pada masa itu. Masyarakat setempat secara tak terduga memadati antrian untuk menaiki kereta beroda dua yang ditarik oleh seekor burung unta. Atraksi tersebut nampaknya menarik perhatian banyak orang karena tak semua penduduk lokal familiar dengan keberadaan burung unta dari negeri nan jauh.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Julian Marley, Musisi Reggae Rendah Hati
Mengenang Berbagai Peristiwa Unik 100 Tahun Lalu | Breaktime
Peternakan burung unta di California, Amerika Serikat

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang belum seberapa membuat banyak hal pada masa itu masih menjadi misteri. Tak ketinggalan pula pengetahuan seks yang masih terbilang tabu untuk dibicarakan secara luas. Seorang dokter bernama Dr. R.B. Armitage menerbitkan buku fenomenal bertajuk Private Sex Advice to Women. Buku yang menurutnya perlu dibaca oleh para wanita muda yang hendak menikah tersebut meliputi saran-saran tidak akurat dan tidak masuk akal seperti bercinta saat hamil yang sangatlah tidak disarankan serta rasa sakit saat menstruasi yang menurutnya disebabkan oleh pemakaian busana ketat, konsumsi acar, serta kurangnya frekuensi melakukan pekerjaan rumah tangga.

Mengenang Berbagai Peristiwa Unik 100 Tahun Lalu | Breaktime
Buku bertajuk Private Sex Advice to Women yang ditulis oleh Dr. R.B. Armitage

Di masa Perang Dunia I, seorang mata-mata Jerman dengan nama beken Mata Hari mengawali karirnya sebagai penari erotis. Sebelum mengakhiri hidupnya di hadapan regu tembak Prancis, wanita Belanda bernama asli Margarete Zelle tersebut mengaku sebagai putri dari bangsawan Belanda dan putri kerajaan di Tanah Jawa, Hindia Belanda (kini Indonesia). Latar belakang Mata Hari yang silang sengkarut hingga kini tersebut nampaknya kurang populer dibandingkan statusnya sebagai gundik para pejabat tinggi dan bangsawan di tiap negara, hingga meregang nyawa setelah status gelapnya sebagai agen ganda dan mata-mata terbongkar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Punya Makeup Sama, 5 Seleb Ini Benar-Benar Sahabat

Status istri di masa itu yang dipandang sebagai pemuas suami belaka rupanya menginspirasi ditulisnya buku resep bertajuk A Thousand Ways to Please a Husband yang ditulis oleh Louise Bennett Weaver dan Helen Cowles LeRon. Buku resep tersebut sukses di pasaran dengan teknik penulisan menyerupai novel fiksi yang mengisahkan sepasang pasangan suami-istri muda bernama Bettina dan Bob. Beberapa resep menarik yang dapat Anda temukan di buku resep tersebut meliputi jellied beef, creamed tuna on toast, peas in a baking powder sauce, dan coffee boiled with egg whites. Bisakah Anda bayangkan bagaimana rasa rebusan putih telur dan bubuk kopi?

Perkembangan teknologi yang belumlah seberapa rupanya juga berpengaruh terhadap inovasi di dunia pertahanan negara dan persenjataan. Sebelum ditemukannya radar, tentara Amerika Serikat berupaya mendeteksi kedatangan pesawat lawan dengan memasang alat bantu raksasa berupa corong berukuran ekstra yang pernah digunakan di Bolling Field di Washington, DC. Sementara itu, tentara Jerman di era yang sama juga berupaya memanfaatkan burung dara untuk membantu proses pengambilan gambar secara rahasia. Caranya cukup sulit dipercaya, yakni dengan memasang plat besi di bagian dada sang merpati untuk tempat meletakkan kamera yang dilengkapi mekanisme timer untuk mengambil gambar secara reguler.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Aktor Peter Pan 2003 dan Kabar Mereka Sekarang

Siapa sangka bahwa hal-hal sederhana yang terjadi di tahun 2017 kali ini mungkin akan sama mengejutkannya dengan rangkaian peristiwa di atas, terutama ketika dinapak tilasi 100 tahun yang akan datang? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE