Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara! | Breaktime
Mengenal Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara, yuk!
10.07.2016

Bagi seluruh umat Islam, di manapun mereka berada, Idul Fitri  merupakan momen paling istimewa yang selalu dinantikan kedatangannya. Selalu membawa kebahagiaan, di hari tersebut kita akan berkumpul dengan sanak keluarga serta tetangga sekitar untuk bersilaturahmi, hingga makan ketupat bersamaan. Nah, tak jauh berbeda dengan Indonesia, negara-negara ini memiliki kebiasaan unik setiap Lebaran tiba.

Arab Saudi

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya muslim, saat Idul Fitri tiba, mereka akan mendekorasi ulang rumah. Selain itu, mereka juga sudah terbiasa saling memberi hadiah ketika hari spesial ini datang, B’timers. Tak hanya itu, lho. Tradisi makan bersama menyantap daging domba dengan nasi dan sayuran adalah rutinitas yang dilakukan sepulangnya dari sholat Ied.

Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara! | Breaktime
Wanita-wanita Turki memasak untuk hidangan Lebaran bersama keluarga

Turki

Nah, negara dengan dua budaya yang berpadu, ternyata tak jauh berbeda dengan tradisi kita di tanah air, B’timers. Warga Turki biasanya mengenakan pakaian baru saat Hari Raya Idul Fitri. Pada hari yang mereka sebut Baryam, warga beragama Islam akan saling mengunjungi selama tiga hari berturut-turut untuk bersilaturahmi. Bahkan ada tradisi sungkeman, lho.

Nigeria

Sementara umat Islam di Nigeria biasanya menyebut hari istimewa ini sebagai Barka dan Sallah, artinya adalah “salam sejahtera di Hari Raya”. Di sini, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari libur nasional selama dua hari berturut-turut. Tak jauh berbeda dengan kebiasaan kita menyambut Lebaran. Mereka juga akan pulang ke kampung halamannya masing-masing, B’timers.

Hari Raya Idul Fitri di Berbagai Negara! | Breaktime
Di China, mereka pun menyuguhkan berbagai hidangan, ya?

China

Meskipun masih menjadi agama minoritas, namun warga muslim di Negara Tirai Bambu, yang berjumlah sekitar 48 juta jiwa ini, akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan sangat meriah. Semua pria muslim China akan mengenakan jas khas, termasuk kopiah. Sementara kaum wanitanya akan mengenakan baju hangat dan kerudung yang setengah tertutup.

Wow! Meskipun ada beberapa perbedaan dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri, ternyata di manapun Lebaran selalu seru dan menyenangkan, ya, B’timers? (NO)

Share This Article