Mengapa Flamingo Tidur Hanya dengan Satu Kaki? | Breaktime
Mengapa Flamingo Tidur Hanya dengan Satu Kaki?
11.06.2017

B’timers, keberadaan burung cantik berwarna merah muda bernama Flamingo mungkin memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun karena keunikannya, burung ini memiliki pamor yang lumayan tinggi dibandingkan dengan jenis burung-burung yang lainnya. Yang membuatnya banyak digemari oleh khalayak luas bukan hanya melulu soal warna bulunya yang indah. Justru, masyarakat kebanyakan masih bertanya-tanya soal kenapa Flamingo sering mampu bertahan untuk berdiri dalam waktu yang lama hanya dengan satu kaki.

Mengapa Flamingo Tidur Hanya dengan Satu Kaki? | Breaktime
burung merah muda yang masih menyimpan misteri

Mayoritas bahkan lebih penasaran lagi dengan fakta bahwa Flamingo tak pernah absen tertidur dalam posisi berdiri dengan satu kaki pula. Burung yang berasal dari kawasan Amerika Selatan dan Afrika ini pun tak terkecuali mengundang jenis pertanyaan yang sama di benak para ilmuwan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Spesies Hewan Purba yang Sekarang Masih Aktif Berkeliaran

So far, para ilmuwan dan para peneliti sudah mengajukan hipotesis seperti kemungkinan besar Ia berhubungan dengan proses sirkulasi suhu tubuh sang Flamingo. Ada pula yang berpendapat bahwa posisi semacam itu merupakan posisi yang disenangi Flamingo sebab Ia mengurangi rasa lelah pada otot kaki sang burung.

Kerancuan inilah yang membuat ahli biologi asal Atlanta, Young-Hui Chang dan Lena Ting berinisiatif untuk menghelat sebuah penelitian serius mengenai persoalan ini. Namun usut punya usut, langkah dari kedua peneliti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan lho. Awalnya mereka hendak mengambil sample binatang dari kebun binatang setempat di Atlanta. Akan tetapi, langkah mereka pun terhalangi sebab pihak kebun binatang tak mengijinkan mereka.

Masih belum menyerah, keduanya akhirnya menghubungi pihak kebun binatang Alabama. Luckily, pihak kebun binatang tersebut mau merelakan dua ekor Flamingo-nya untuk diberi suntikan euthanasia alias suntikan mati. Kedua tubuh Flamingo inilah yang dijadikan objek penelitian guna mengungkap misteri aktivitas tidur si burung yang hidup secara berkelompok ini.

Mengapa Flamingo Tidur Hanya dengan Satu Kaki? | Breaktime
potret Flamingo ketika sedang tidur

Luar biasanya, ternyata kedua Flamingo yang sudah mati tersebut tetap bisa diberdirikan dengan posisi hanya satu kaki seperti saat mereka hidup. Justru ketika Young-Hui dan Lena mencoba untuk

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fakta di Balik Pembuatan The Hobbit Mengejutkan!

memberdirikan sang Flamingo dengan dua kaki, lucunya sang burung tak dapat berdiri tegak sama sekali. Setelah ditelaah lebih dalam, hal ini faktanya terjadi karena Flamingo— tidak seperti manusia— tak menggunakan daya otot aktif untuk menjaga keseimbangan mereka. Dari segi susunan rangka dan otot sang burung saja, nyatanya mereka amatlah berbeda jauh dengan milik manusia.

Menurut sebuah studi yang dilaporkan di Biology Letters, Flamingo sangat bergantung pada daya gravitasi untuk menopang keseimbangan tubuhnya. Ada dua buah sendi utama yang terdapat pada kaki Flamingo. Salah satunya yang dapat Anda lihat adalah yang tertekuk ke belakang B’timers. Well, don’t get it wrong sebab Ia sebenarnya adalah area pergelangan kaki yang nampak menyerupai bagian lutut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Daftar Fakta Mencengangkan di Balik The Simpsons

Ketika Flamingo bersiap untuk tidur, Ia mengangkat sebelah kakinya dan secara otomatis memindahkan tubuhnya agar satu kaki yang berdiri tidak berada pada posisi di bawah pinggang. Nah, inilah yang menyebabkan Flamingo refleks menekuk sebelah kakinya ke atas dan membiarkan kaki satunya untuk tetap berdiri menopang keseluruhan bagian tubuhnya. Sebaliknya bila Ia tak berlaku seperti ini, kumpulan sendi di bagian kakinya pun akan terjebak dalam posisi yang tak nyaman.

Finally, the mystery is solved! Dengan mengetahui alasan Flamingo dapat tidur dengan satu kaki ini, semoga Anda menjadi semakin takjub dan mengakui kekuasaan Tuhan dalam menciptakan setiap makhluknya ya B’timers! (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE