Lagi, Joey Alexander Jadi Nominasi Grammy 2017! | Breaktime
Lagi, Joey Alexander Jadi Nominasi Grammy 2017!
13.02.2017

Dunia hiburan kembali dikejutkan oleh prestasi luar biasa yang diraih oleh Joey Alexander. Siapa yang tak kenal dengan Joey Alexander? Seorang pianis muda asal Indonesia yang pada tahun 2016 kemarin mengejutkan, karena dirinya berhasil masuk nominasi dalam penghargaan bergengsi dunia, Grammy Awards. Bahkan Joey dinobatkan sebagai pianis termuda di usianya yang masih 12 tahun.

Di tahun 2016, Joey masuk nominasi dengan kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Di usianya yang kini menginjak 13 tahun, Joey kembali masuk menjadi nominasi Grammy sebagai The Improvised Jazz Solo.

Joey mengawali karir bermusiknya sejak tahun 2014 lalu. Ia diundang oleh seorang pemain terompet, Wynton Marsalis untuk tampil di Jazz yang berlangsung di Lincoln Center. Joey diundang karena Marsalis sempat melihat kemampuan anak laki-laki ini di Youtube. Saking kagumnya pada kemampuan Joey, Marsalis dan anggota komunitas jazz lainnya rela mengurus visa Joey dan keluarga untuk pindah ke New York.

Lagi, Joey Alexander Jadi Nominasi Grammy 2017! | Breaktime
Penampilan Joey dalam Grammy Awards 2016

Sampai akhirnya, Joey merilis debut albumnya di tahun 2015 bertajuk My Favorite Things. Karirnya semakin cemerlang saat album perdana Joey ini berhasil masuk tangga lagu Billboard di urutan ke 174. Joey rupanya juga menjadi musisi asal Indonesia pertama yang masuk tangga lagu Billboard.

Pada tahun 2016 lalu, Joey tak hanya masuk nominasi dalam dua kategori sekaligus. Ia juga diberi kehormatan untuk tampil di hadapan para tamu undangan dan mendapatkan standing ovation untuk penampilan kerennya.

Tak berhenti di situ, Joey kembali merilis albumnya yang kedua bertajuk Countdown pada bulan September lalu. Di tahun ini, Joey kembali masuk dalam satu kategori dan ia harus bersaing dengan musisi hebat lainnya, seperti Ravi Coltrane (In Movement), Fred Hersch (We See), Brad Mehladau (I Concetrate On You), dan John Scofield (I’m So Lonesome I Could Cry).

Lagi, Joey Alexander Jadi Nominasi Grammy 2017! | Breaktime
Lagi-lagi pianis muda Indonesia ini masuk nominasi Grammy Awards 2017

Pagelaran besar Grammy Awards 2017 ini sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Februari 2017 waktu setempat di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Namun sayangnya, Joey belum beruntung untuk menyabet piala Grammy. Di tahun ini, komposisi I’m So Lonesome I Could Cry milik John Scofield berhasil mengalahkan nomine yang lainnya termasuk Joey.

Meski belum pernah menyabet piala Grammy, Joey tidak pernah merasa kecewa. Ia justru bangga bisa tiga kali masuk nominasi Grammy, menjadi musisi termuda di sepanjang pagelaran besar dunia ini, dan bisa tampil di panggung Grammy dengan sangat memukau.

Masyarakat Indonesia juga ikut bangga dengan prestasi yang dimiliki Joey di usianya yang masih sangat muda. Semoga karir Joey Alexander semakin sukses dan menjadi legenda musik dunia, khususnya untuk musik jazz. (vpd)

Share This Article