Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop! | Breaktime
Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop, Yuk!
20.05.2016

Hallyu wave telah “menghantam” dunia sejak beberapa tahun silam. Memunculkan talenta-talenta penyanyi maupun bintang film asal Korea Selatan yang kini disebut dengan K-Pop. Berbeda dengan Indonesia yang bisa menjadikan seseorang menjadi artis dadakan hanya karena sensasi dan kontroversi, di Negeri Ginseng ini untuk menjadi selebriti bukan hal yang mudah.

Keberhasilan mereka mewarnai dunia tak lepas dari kerja keras agensi hiburan yang menaungi mereka. Sebelum dinyatakan layak debut menjadi entertainer, mereka harus ditempa dan dikarantina selama bertahun-tahun. Tak heran jika K-Pop memiliki segudang talenta yang benar-benar beraura selebriti, bukannya aji mumpung. Lantas seperti apa sih, “wajah” agensi yang membuatnya mereka sehebat itu? Berikut ini 4 agensi K-Pop terbesar, B’timers!

SM Entertainment

Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop! | Breaktime
SM menyebut semua artisnya dengan SMTOWN

SM adalah agensi terbesar yang paling banyak merebut hati K-Popers di seluruh dunia. Menaungi boyband dan girlband kelas atas sekaliber TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet yang memiliki fans terbanyak di dunia. SM juga memiliki aktris serta aktor seperti Go Ara dan lainnya.

YG Entertainment

Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop! | Breaktime
Inilah ‘foto keluarga’ YG

YG Entertainment didirikan oleh Yang Hyun Suk sejak 1996 silam. YG disebut sebagai agensi terbaik dalam menjalankan bisnis. Agensi yang terletak di Mapo-Gu, Seoul ini berhasil menelurkan artis-artis yang bisa dibilang menguasai dunia seperti PSY si pelantun Gangnam Style, Bigbang, 2NE1 dan pendatang baru Akdong Musician, Winner dan iKON.

JYP Entertainment

Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop! | Breaktime
Artis-artis JYP Entertainment

Agensi satu ini cukup sering naik turun dalam urusan saham. JYP mungkin adalah satu-satunya agensi yang memiliki kantor di luar Korea seperti di New York dan Beijing. Sayangnya, Park Jin Young selaku pendiri JYP harus menutup kantor New York karena isu bangkrut. Girlband dan boyband di bawah naungan JYP adalah WOndel Girl, miss A, 2PM, 2AM (saat ini sudah dibubarkan), G0T7 dan lainnya.

FNC Entertainment

Kenalan dengan 4 Agensi Hiburan Raksasa K-Pop! | Breaktime
Foto FNC Kingdom

Berbeda dengan agensi lain yang menempa trainee-nya menjadi idol, FNC Entertainment mengawali bisnisnya sebagai wadah untuk menampung para musisi. Saat itu FNC hanya menaungi anak band yang benar-benar bisa bermain musik. Namun, tak butuh waktu lama FNC untuk melebarkan sayap menjadi talent agency. Artis-artis atau band di bawahnya adalah FT ISLAND, CNBLUE, AOA, N.FLYING dan lainnya. FNC semakin berjaya setelah komedian kelas atas Yoo Jae Suk bergabung di agensinya.

Anda yang mengaku sebagai K-Popers pasti sudah tidak asing dengan nama-nama di atas, bukan? Yang mana agensi favorit Anda? (nap)

Share This Article