Kalahkan Johnny Depp, Amitabh Bachchan Masuk Jajaran Aktor Terkaya Dunia | Breaktime
Kalahkan Johnny Depp, Amitabh Bachchan Masuk Jajaran Aktor Terkaya Dunia
04.09.2015

Penggemar film Bollywood pasti tak asing dengan nama Amitabh Bachchan. Aktor kawakan yang memiliki nama lengkap Amitabh Harivansh Rai Bachchan ini menduduki peringkat ke tujuh aktor terkaya di dunia. Dengan penghasilan $33.5 juta atau RS 213 crore otomatis Bachchan menjadi aktor terkaya di India.

Kekayaan Bachchan ini, bahkan mengalahkan Johnny Depp dengan penghasilan $30 juta. Lantas, dari mana asal kekayaan Bachchan tersebut? Aktor Bollywood mendapatkan penghasilan tentu saja dari aktingnya dalam film. Namun, yang lebih menguntungkan adalah pendapatan yang berasal dari penjualan tiket film. Jadi semakin laku filmnya, pendapatan aktor dan artis Bollywood pun akan lebih besar.

Kehidupan pribadi

Amitabh Bachchan, lahir di Allahabad, India pada 11 Oktober 1942. Jika dihitung, Oktober mendatang Bachchan akan berusia 73 tahun. Aktor kawakan ini mula terkenal di tahun 1970-an melalui film Deewar dan Zanjeer.

Bachchan merupakan anak dari pasangan Harivansh Rai Bachchan dan Teji Bachcan. Awalnya Bachchan diberi nama Inquilaab yang artinya ‘Hidup Revolusi’, tapi kemudian Harivansh mengubahnya menjadi Amitabh yang berarti ‘cahaya yang tak pernah padam’.

Amitabh Bachchan bersama keluarga
Amitabh Bachchan bersama keluarga

Katika dewasa, Bachan menikahi artis Jaya Bhaduri dan dikaruniai dua orang anak, yaitu Shweta Nanda dan Abhishek Bachchan, suami Aishwarya Rai.

Perjalanan karir

Bachan mengawali karirnya di tahun 1969 sebagai narator dalam film Bhuvan Shome yang memenangkan Mrinal Sen’s National Award. Akting pertamanya ia tunjukkan dalam film arahan Khwaja Ahmad Abbas, Saat Hindstani.

Karir aktingnya semakin menanjak ketika Prakash Mehra memilihnya untuk memerankan Inspektur Vijay Khanna, karakter utama dalam film Zanjeer (1973). Di tahun yang sama, Bachchan memenangkan nominasi untuk aktor terbaik. Sejak saat itu, Bachchan menjadi aktor tersukses di dunia perfilman Bollywood.

Coolie, film yang hampir merenggut nyawa Bachchan
Coolie, film yang hampir merenggut nyawa Bachchan

Tak hanya meraih sukses, Bachchan juga pernah mengalami cedera fatal ketika membintangi film Coolie pada tahun 1982. Saat itu ia memerankan adegan melompat tanpa bantuan stuntman, sayangnya bagian perutnya terbentur dan tertusuk pinggiran meja. Karena kecelakaan tersebut, Bachchan hampir saja kehilangan nyawanya, ia kehilangan banyak darah dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit selama berbulan-bulan.

Karir Bachchan, tak melulu soal akting, ia pernah menjadi politikus pada tahun 1984-1987 serta memulai karir sebagai produser pada tahun 1996.

Melihat sepak terjangnya, tak heran ya, kalau kekayaan Amitabh Bachchan mampu mengalahkan aktor Hollywood sekelas Depp? (dfr)

Share This Article