Jennifer Lawrence Memprotes Honornya di Dunia Hollywood | Breaktime
Jennifer Lawrence Memprotes Honornya di Dunia Hollywood
21.10.2015

“Persamaan hak” tampaknya tak benar-benar sepenuhnya terwujud, bahkan di industri Hollywood sekalipun. Hal ini terbukti dari keluhan sejumlah artis papan atas yang mengeluhkan pendapatan mereka sangat jauh berbeda dengan para lawan mainnya.

Sebut saja Jennifer Lawrence yang nekat menuliskan sebuah esai tentang ketidakadilan soal honor yang diterimanya sebagai artis Hollywood. Artis yang pernah menyabet piala Oscar tersebut mengambil contoh tentang pengalamannya sebagai pemain film American Hustle (2013).

Ia mengatakan bahwa honor yang diterimanya jauh lebih kecil dari pada aktor beruntung lainnya. Baru-baru ini terungkap bahwa yang dimaksud Lawrence sebagai sosok “aktor beruntung” tersebut adalah Bradley Cooper. Aksi Lawrence ini memang tergolong nekat sebab ia mempertaruhkan kepopulerannya sebagai bintang film.

Jennifer Lawrence Memprotes Honornya di Dunia Hollywood | Breaktime
Kesenjangan honor Gwyneth Paltrow dan Robert Downey Jr

Meski begitu, Hillary Clinton, seorang politisi Amerika sepenuhnya mendukung keputusan berani Lawrence. Namun, siapa sangka masalah ketidakadilan dalam hak honor ini juga dialami oleh artis Hollywood lainnya? Ternyata, Emma Watson juga gencar menyoroti ketidakadilan yang dirasakan kaum perempuan Hollywood.

Begitu pula dengan Gwyneth Paltrow yang ikut angkat suara tentang kesenjangan pendpatan antara perempuan dan laki-laki di industri film terbesar dunia tersebut. Saat melakukan sesi wawancara dengan majalah Variety, artis 43 tahun tersebut mengkritik seksisme di dunia Holllywood.

Ia mencatut nama rekannya, Robert Downey Jr sebagai contoh. Paltrow mengkritik bayaran yang diterima Downey saat berada peran dengan dirinya dalam film Iron Man dan Avengers. Saking fantastisnya pemasukan yang diterima Downey, ia sampai dinobatkan sebagai aktor berpenghasilan tertinggi tahun 2015 versi Forbes.

Sejak bulan Agustus 2014 hingga Agustus 2015, Downey tercatat mengantungi penghasilan USD 80 juta. Pendapatan ini dinilai jauh lebih tinggi dari total pendapatan Jennifer Lawrence yang memiliki pendapatan sebsar USD50 di kalangan para artis Hollywood.

Share This Article