Jane Austen & Karya-Karyanya Menjelang Ajal | Breaktime
Jane Austen & Karya-Karyanya Menjelang Ajal
27.07.2017

“The person, be it gentleman or lady, who has not pleasure in a good novel, must be intolerably stupid.” Kalimat tersebut dikutip dari novel Northanger Abbey karya Jane Austen. Tentunya selera bacaan seseorang tidak dapat dipaksakan agar mengikuti genre atau penulis tertentu. Hanya saja, siapa sih yang tidak pernah mendengar nama Jane Austen? Kutubuku dan movie lovers setidaknya mengetahui nama Jane Austen sebagai salah satu penulis tersohor asal Inggris di abad 18. Karya-karyanya tak lekang oleh zaman, terus dipelajari mulai dari sekolah menengah hingga universitas, bahkan diadaptasi ke berbagai pementasan teater dan layar lebar.

BACAJUGA:1

B’timers yang belum pernah membaca karya Jane Austen harus membaca Pride and Prejudice. Novel yang satu ini juga telah diangkat menjadi sebuah film. Tapi perlu Anda ketahui bahwa ia juga menulis 5 novel lain, yaitu Emma, Northanger Abbey, Sense & Sensibility, Mansfield Park, dan Persuasion. Selain itu, terdapat satu karya terakhirnya yang berjudul Sanditon? Sayangnya, novel tersebut tak sempat ditamatkannya hingga nyawanya terenggut pada usia yang masih cukup muda, 41 tahun.

Selain karena namanya yang terkenal di seantero daftar penulis klasik lainnya, B’timers sebaiknya tidak melewatkan membaca novel Jane Austen karena kualitas karyanya yang menakjubkan. Meski terkenal sebagai penulis literatur romance, Jane Austen terkenal karena menyisipkan gagasan yang menginspirasi serta penggambaran karakter yang mendetail dalam setiap karyanya. Karya-karyanya yang cenderung berat dan sarat melankolia seperti Sense and Sensibility, Mansfield Park, dan Persuasion sebaiknya dibaca setelah Anda menamatkan novel-novelnya yang terdahulu yang lebih ringan untuk dibaca. 

Jane Austen & Karya-Karyanya Menjelang Ajal | Breaktime
Salah satu karya Jane Austen yang termahsyur (news.netmedia.co.id)

BACAJUGA:2

Salah satu kegagalan utama yang dialami para pembaca Austen ialah tidak mampu menangkap humor dalam setiap karyanya. Kesan pertama yang dirasakan setiap pembaca pemula Austen ialah romansa dan isu-isu khas Inggris di era Victoria. Sulit dipercaya bahwa Jane Austen merupakan seseorang yang humoris. Dalam gaya bahasanya yang lawas tersebut, tidak sedikit pembaca veteran Austen yang bahkan kesulitan menemukan di mana letak humor dalam karya-karya beliau.

Di samping tragedi percintaan yang mewarnai Pride and Prejudice, Jane Austen dengan cerdas menyisipkan humor dalam berbagai drama khas era Victoria di novel tersebut. Mansfield Park, sebaliknya, banyak dipuji karena penggambaran Jane Austen yang sangat humoris terhadap karakter Mr. Rushworth. Karakter pria tersebut yang digambarkan secara mendetail dan penuh humor merupakan salah satu kekuatan utama Jane Austen dalam menggambarkan plot secara memuaskan.

BACAJUGA:3

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa Jane Austen merupakan penulis yang piawai dalam teknik penggambaran karakter. Beliau tidak bertele-tele menuliskan kalimat filosofis dalam karya-karyanya. Sebaliknya, karakter-karakternya terkesan hidup dan manusiawi sehingga pembaca dengan mudah merasa terwakili dan tersentuh dengan para tokoh tersebut. Pembaca akan “dipaksa” terlibat dan bersimpati dengan setiap tindakan para karakternya. Tanpa berlebihan, Jane Austen mengajak para pembacanya untuk memahami nilai-nilai kebaikan ala Inggris abad 18 melalui setiap tindakan dan keputusan yang diambil para karakternya.

Hal terakhir yang sering dilewatkan oleh pembaca pemula maupun pembaca veteran karya Jane Austen ialah bahwa Jane Austen tidak melulu menulis novel romance. Selain kental dengan kisah percintaan, Jane Austen juga dengan berani menyisipkan nilai-nilai kebaikan khas Abad Victoria serta kritiknya akan masyarakat, agama, dan budaya. Hal tersebut merupakan hal yang cukup berani untuk dilakukan oleh penulis, terutama penulis wanita pada masanya. (fer)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE