Inspirator di Balik Acara Unik Totto no Heya | Breaktime
Inspirator di Balik Acara Unik Totto no Heya
28.09.2017

Jepang dan teknologinya memang tidak pernah habis membuat kita terpukau ya, B’Timers? Negeri Matahari Terbit ini merupakan salah satu leading nation setelah negara Finlandia dalam hal kemajuan teknologi. Setelah bangkit dari trauma perang pada tahun 1945, negara yang mengikrarkan diri sebagai negara damai ini semakin berfokus untuk menyumbangkan sebagian dana negara untuk mewujudkan inovasi-inovasi kreatif anak bangsa. Jadi jangan heran jika saat ini Jepang menjadi salah satu raksasa teknologi di dunia.

Salah satu inovasi terbesar dari Jepang yang hingga kini masih terus dikembangkan adalah robot. Tak hanya robot Asimo yang terkenal itu, kini Jepang memiliki ribuan robot mulai dari robot humanoid hingga robot berbentuk binatang yang diciptakan untuk berbagai macam tujuan. Dan percayakah Anda bahwa bahkan di Jepang ada satu acara yang menggunakan robot sebagai pembawa acara?

Totto no Heya, atau yang dalam Bahasa Inggris memiliki arti “Totto’s Room” adalah acara talkshow pertama di Jepang dengan pembawa acara sebuah robot. Dan walaupun acara talkshow dengan menggunakan robot sebagai pembawa acara sudah tidak lagi menjadi konsep yang asing, acara Totto no Heya ini memberikan nafas segar bagi dunia infotainment Jepang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fantastis, Wujud & Harga Penthouse Johnny Depp!

Totto merupakan jenis robot android yang dibuat dengan sistem teknologi sintetis yang dikembangkan oleh perusahaan NTT Technocross bersama dengan seorang profesor dari Universitas Osaka bernama Profesor Hiroshi Ishiguro. Robot ini juga dilengkapi dengan teknologi ATR yang memungkinkannya untuk mendeteksi ekspresi wajah dan gerak tubuh dari lawan bicaranya.

Model dari robot ini sendiri dibuat berdasarkan penampilan seorang entertainer Jepang bernama Tetsuko Kuroyanagi yang menjadi host dari acara “Tetsuko no Heya” yang telah berjaya selama 42 tahun. Bahkan, data percakapan dari acara talkshow tersebut dikembangkan dan diaplikasikan pada robot Totto ini. Keren banget kan, B’Timers?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Hadiah Ulang Tahun Selebriti Paling Mewah

And does “Totto” and “Tetsuko Kuroyanagi” ring a bell? Yup, buat pencinta literatur pasti paling tidak akan merasa familiar dengan nama Tetsuko Kuroyanagi. Yup! Miss Kuroyanagi mulai dikenal oleh dunia internasional melalui buku memoir-nya yang berjudul “Totto-Chan: The Little Girl at The Window”, yang sudah diterbitkan di lebih dari 30 negara, lho!

Sebelum terkenal dengan memoir-nya, Kuroyanagi sudah dikenal oleh para penduduk Jepang saat ia membintangi acara talkshow “Tetsuko’s Room” sejak tahun 1975. Dalam acara tersebut ia sudah mewawancarai berbagai macam selebritis Jepang hingga selebritis asing. Pada masa itu, ia sudah berhasil mendobrak stereotype wanita tradisional Jepang yang selalu digambarkan sebagai sosok “Yamato Nadeshiko”, alias wanita yang lemah lembut, keibuan, dan penurut. 

Selain aktif dalam bidang karier-nya, Tetsuko Kuroyanagi juga aktif dalam kegiatan sosial lho! Ia merupakan founder dari Totto Foundation, sebuah organisasi non-profit yang berfokus terhadap mendidik serta melatih calon aktor tuna rungu. Selain itu, pada tahun 1984 ia diangkat menjadi Goodwill Ambassador untuk UNICEF. Misi utamanya adalah untuk membantu para anak-anak korban bencana alam dan bencana perang di berbagai negara Asia dan Afrika, sekaligus untuk membangkitkan awareness dunia akan isu kemiskinan yang dialami oleh anak-anak tersebut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow, 5 Profesi Hits Ini Gajinya Nggak Kira-Kira!

Tak hanya sampai di situ, bahkan di acara “Tetsuko no Heya”, ia sempat beberapa kali menghadirkan narasumber yang sempat mencicipi pahitnya peperangan. Mulai dari tokoh tentara militer yang sempat terjun ke medan perang hingga korban perang yang berhasil bertahan hidup. Salah satunya adalah storyteller Nekohachi Edoya III yang dikenal sebagai salah satu survivor dari tragedi pemboman atom di Hiroshima.

Nah pertanyaannya, apakah acara ’Totto no Heya” akan mengusung tema yang sama? Well, Anda harus sabar menanti hingga tanggal 2 Oktober. Rencananya acara talkshow unik ini akan ditayangkan pada stasiun TV Asahi. So, stay tune! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE