Inilah Band Dunia Yang Terinspirasi Oleh LOTR | Breaktime
Inilah Band Dunia Yang Terinspirasi Oleh LOTR
28.02.2017

B’Timers pastinya pernah menonton film fantasi Lord of The Rings yang terkenal itu, kan? Atau bahkan mungkin beberapa dari Anda juga mengkoleksi seri novelnya? Eitherway, novel dan film Lord of The Rings memang memiliki charm yang sangat kuat, baik dari segi penokohan, cerita hingga para aktor yang bermain di dalamnya (Orlando Bloom, anyone?).

Dan ternyata, cerita fantasi ini juga memikat para musisi profesional yang mendunia, lho. Bahkan saking inspired-nya mereka dengan cerita petualangan Frodo Baggins dan kawan-kawan ini, para musisi tersebut menciptakan lagu-lagu yang terinspirasi oleh Lord of The Rings. Siapa saja sih mereka?

  • Megadeth

Band metal satu ini cukup terkenal di kalangan pencinta lagu-lagu metal karena permainan instrumen musiknya yang mempesona, terutama performa gitar solonya. Dan siapa yang menyangka bahwa salah satu lagu dari band ini ternyata terinspirasi dari Lord of The Rings.

Hal tersebut diakui oleh sang songwriter yaitu Dave Mustaine. Dan apabila Anda mendengar lagu mereka yang berjudul “This Day We Fight”, Anda pasti akan segera mengenali bahwa lirik dari lagu tersebut disadur dari seri terakhir dari trilogi Lord of The Rings yang berjudul The Return of The King. Untuk lebih spesifiknya, lirik tersebut diambil dari percakapan antara tokoh Aragorn dan Theoden saat mereka berada di medan peperangan.

  • Red Rum

Dari genre musik yang mereka mainkan yaitu folk metal dengan tema bajak laut, rasanya tidak mungkin kalau band Red Rum akan berada di dalam daftar ini, but they do!

Red Rum sukses mengejutkan base penggemarnya dengan meng-cover lagu internet random yang berjudul  “They’re Taking The Hobbits To Isengard”. Lagu dengan lirik super random yang diambil dari sepenggal ucapan dari tokoh Legolas yang diambil dari film LOTR: The Two Towers ini menggemparkan jagad internet karena, well, mereka sama sekali tidak menyangka bahwa grup musik yang sangat identik dengan bajak laut tersebut akan sedikit melenceng dari image mereka dengan membuat cover lagu tentang hobbit. Tapi dilihat dari reaksi para penggemarnya yang cukup meriah, bisa dibilang cover lagu yang dinyanyikan oleh band ini cukup sukses. 

Inilah Band Dunia Yang Terinspirasi Oleh LOTR | Breaktime
Bo Hansson benar-benar fans LOTR sejati!
  • Bo Hansson

Well, okay, Bo Hansson memang tidak termasuk dalam nama sebuah grup band, akan tetapi tetap saja dia adalah seorang musisi yang terinspirasi (dan benar-benar terinspirasi) dengan trilogi Lord of The Rings sehingga tidak salahnya ia turut disertakan di dalam list ini, kan?

Lagu tersebut berjudul “Sagan Om Ringen” yang dalam bahasa Inggris berarti “Lord of The Rings”, dan lagu berbahasa Swedia tersebut berhasil masuk ke dalam nominasi 40 lagu paling terkenal di Inggris. Dan yang membuat Anda geleng-geleng kepala adalah saat Anda mengetahui seberapa besar cintai Bo Hansson pada trilogi fantasi tersebut dan perjuangannya agar lagu karangannya tersebut berhasil masuk ke dapur rekaman. Mulai dari mencuri fotokopi buku LOTR yang dimiliki oleh pacarnya, hingga diusir dari apartemen teman akibat ia terlalu berisik saat menguji coba instrumen-instrumen musiknya. Keteguhan hatinya patut diacungi jempol, ya?

  • Led Zeppelin

Beberapa dari Anda mungkin sama sekali tidak menyangka bahwa vokalis band rock Led Zeppelin adalah salah satu fans berat dari Lord of The Rings. Kecintaannya tersebut dituangkan di dalam beberapa lirik lagu Led Zeppelin, yaitu pada lagu berjudul “Stairway to Heaven” dan “Ramble On”. Pada lagu “Stairway to Heaven”, Robert Plant hanya menunjukkan referensi Lord of The Rings secara eksplisit sehingga membuat para fans-nya harus sedikit meraba-raba dan merasakan tiap baitnya. Namun, di dalam lagu Ramble On referensi terhadap Lord of The Rings terbaca dengan sangat jelas, terutama pada lirik bagian akhir, yaitu “’Twas in the darkest depths of Mordor, I met a girl so fair. But Gollum and the evil one crept up and slipped away with her”.

Luar biasa, ya? Penggemar Lord Of The Rings  wajib nih mendengarkan lagu-lagu mereka. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE