Ini Tips Unik untuk Rayakan Hari Lahir Pancasila | Breaktime
Ini Tips Unik untuk Rayakan Hari Lahir Pancasila
01.06.2017

Anda masih ingat dengan isi Pancasila yang biasanya dibacakan saat upacara bendera setiap hari Senin ataupun pada saat ada hari peringatan kenegaraan, B’timers? Well, sudah sejak berapa tahun, nih, kita tidak lagi mengikuti upacara bendera di lapangan sebelum mengawali minggu. Namun tentunya sebagai warga Indonesia yang baik, kita tidak boleh melupakan apa isi Pancasila maupun Undang-undang Dasar tahun 1045, kan?

Sementara itu, ditetapkannya tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla membuat kita memiliki satu hari lagi liburan nasional, B’timers.

Tetapi meskipun pada tanggal 1 Juni kita libur, bukan berarti kita bisa bermalas-malasan di atas ranjang, lho. Karena ada banyak hal unik yang bisa Anda lakukan untuk turut memperingati Hari Lahir Pancasila, kok. Penasaran dengan tips unik untuk rayakan Hari Lahir Pancasila? Check this out!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jeans Lumpur & Kaos Berkeringat Hebohkan Netizen!

Jangan jadikan hari libur sebagai alasan Anda untuk bangun lebih siang, lho, B‘timers. Alasannya adalah untuk membuat tubuh Anda tetap semangat dalam menjalani hari ini. Jika perlu pasang musik dengan volume keras. Namun pastikan Anda memasang lagu-lagu kebangsaan, ya?

Ini Tips Unik untuk Rayakan Hari Lahir Pancasila | Breaktime
Patung Garuda Pancasila yang begitu perkasa

Ada juga cara menarik yang mungkin bisa Anda tiru, B’timers. Seperti yang dilakukan oleh salah seorang mahasiswa. Dia dengan percaya diri memawa tulisan “Semangat Pancasila Masih di Dada” setiap keluar rumah untuk beraktivitas. Jika perlu Anda menyablon kaos sendiri dengan lambang Pancasila di dada.

Untuk Anda yang ingin memiliki Hari Lahir Pancasila yang berkesan, cobalah Anda ajak seluruh anggota komunitas Anda atau tetangga di perumahan tempat tinggal Anda untuk beramai-ramai mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di suatu tempat, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Karya Terbaik Untuk Dibaca Saat Musim Panas!

Bermodalkan gotong royong yang khas Indonesia, pengibaran bendera Merah Putih raksasa akan turut membangkitkan rasa nasionalisme para penonton lainnya yang menyaksikan perjuangan Anda, B’timers. Untuk tempat, Anda bisa mencari lokasi di mana banyak orang berkumpul atau berlibur. Seru, kan?

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blitar lain lagi, nih, B’timers. Masyarakat yang tinggal di Blitar punya tradisi yang selalu dilakukan setiap tanggal 1 Juni. Pada pagi hari mereka mengadakan peringatan yang berupa Tata Cara Militer dipadukan dengan upacara adat setempat.

Ini Tips Unik untuk Rayakan Hari Lahir Pancasila | Breaktime
Pengibaran Sang Saka Merah Putih raksasa

Dalam upacara ada lagu adat yang juga mengiringi. Hal ini diungkapkan oleh mereka, agar dapat bantu setiap lapisan masyarakat untuk menyimpan jiwa nasionalisme sekaligus mempertahankan dan juga menjunjung tinggi adat istiadat yang mereka miliki. Karena Indonesia kaya akan adat yang berbeda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
7 Buku Sukses Buat The Kardashians Jatuh Hati

Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, Blitar juga memiliki tradisi unik, yaitu Grebeg Pancasila, lho, B’timers. Biasanya pada acara ini akan diramaikan dengan kehadiran artis-artis Blitar. Tapi ditekankan, mereka tetap tak meninggalkan khidmadnya arti upacara, B’timers.

Acara yang satu ini berasal dari kota di mana Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno berasal. Inilah yang menjadi alasan utama para masyarakan Blitar selalu tak lupa untuk memperingati tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dengan cara yang istimewa dan tentunya penuh makna.

Tak ketinggalan, selepas melaksanakan upacara dan Grebeg Pancasila, masyarakat Blitar akan langsung berziarah ke makam Bung Karno, B’timers. Aksi ini dilakukan oleh para pemimpin. Biasanya mereka akan menggelar doa yang kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Bung Karno.

Sebenarnya ada banyak cara unik untuk memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai lambang negara Indonesia, B’timers. Masalahnya hanyalah, apakah Anda masih menyimpan kekuatan Pancasila di dalam sanubari? (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE