Hari Kartini, Menteri : Cintai Produk Indonesia | Breaktime
Hari Kartini, Menteri Himbau Cintai Produk Indonesia
20.04.2016

Apa yang terlintas dalam pikiran B’timers bila memasuki bulan April? Yap, bulan keempat ini setiap tahunnya selalu penuh dengan hal yang berbau feminisme. Bulan kelahiran Raden Adjeng Kartini ini selalu diperingati dengan khidmat oleh seluruh penduduk Indonesia setiap tanggal 21. Hari Kartini Indonesia menjadi bentuk apresiasi atas jasa Kartini.

Tahun ini, peringatan hari Kartini dilakukan lewat gelaran acara Festival Kartini 2016 yang diadakan oleh Pemerintah Kota Jakarta. Festival Kartini ramai dihadiri oleh para petinggi negara dan artis. Namun sebelum Festival Kartini berlangsung dari tanggal 20-22 April 2016, para menteri memberikan pendapatnya langsung berkaitan tentang Kartini di Acara Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) pada tanggal 18 April silam.

Hari Kartini, Menteri : Cintai Produk Indonesia | Breaktime
Kecantikan orang Indonesia dipadu dengan batik yang mempesona

Istri Menteri Agraria dan Tata Ruang Negara, Hanifah Ferry Mursyidan Baldan, yang hadir pada acara tersebut menghimbau untuk para wanita Indonesia lebih bangga dalam memakai produk asli Indonesia. Dengan menunjukkan cinta penuh pada produk Indonesia, Ibu Hanifah menuturkan bahwa wanita bisa memadukan banyak produk tradisional, seperti atasan batik dengan bawahan songket.

Ibu Hanifah pun menunjukkan rasa kagum pada R.A. Kartini yang menjadi sumber inspirasi seluruh wanita Indonesia untuk tetap berkarya dan mencintai produk Indonesia. Hal ini didukung pula oleh Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Dewan Kerajinan Nasional sekaligus istri dari Bapak Jusuf Kalla. Menyambut Hari Kartini Indonesia, Ibu Mufidah menyampaikan bahwa Kartini merupakan simbol wanita penuh kecerdasan yang berdiri memperjuangkan kesetaraan gender dan berjuang demi bangsa dan negara.

Hari Kartini, Menteri : Cintai Produk Indonesia | Breaktime
Masakan Indonesia turut dipajang untuk menunjukkan kebanggaan oleh cita rasa khas

Beragam inspirasi dari Kartini membawa Ikatan Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian ATR untuk membuat beragam acara. Acara fashion show pakaian tradisional, bazar, hingga lomba memasak makanan nusantara diadakan untuk menyalurkan semangat para wanita yang terus berjuang di tengah gempuran zaman. Lomba tersebut dibuat agar semua yang berpartisipasi turut mencintai produk Indonesia dengan tulus.

Sebuah himbauan yang sangat indah dan tidak merugikan untuk dilaksanakan, bukan? Dengan B’timers memakai produk Indonesia, tidak hanya menumbuhkan rasa cinta tanah air lebih dalam namun juga perlahan memupuk kebanggaan atas identitas bangsa. Semakin banyak konsumsi produk dalam negeri juga membantu perekonomian bangsa Indonesia lebih baik di mata dunia, lho! Selamat Hari Kartini Indonesia untuk semua wanita tangguh di tanah air. (ft)

Share This Article