Google Doodle Siapa Sosok Penulis Kamus Inggris? | Breaktime
Google Doodle : Siapa Sosok Penulis Kamus Inggris?
18.09.2017

Lagi-lagi Google Doodle merayakan ulang tahun seseorang yang sangat berjasa untuk kehidupan manusia di era sekarang ini. Samuel Johnson adalah sosok sastrawan Inggris yang menulis kamus Bahasa Inggris paling komprehensif di tahun 1750an. Google Doodle memberi penghormatan khusus pada sosok ini dengan merayakan ulang tahunnya yang ke 308. Johnson yang lahir di Lichfield, Staffordshire, pada 18 September 1709 ini dijuluki sebagai The father of the modern dictionary.

Sejak kecil ia memang sudah sangat dekat dengan buku. Ayahnya bekerja sebagai bookseller di rumahnya sendiri. Ketika beranjak dewasa pun pekerjaannya tak jauh-jauh dari buku. Johnson sempat berkarir sebagai seorang guru. Sampai akhirnya ia lebih memilih untuk menjadi seorang penulis di bidang essay, biografi, dan puisi. Tak cukup hanya itu, banyak fakta menarik lainnya seputar kehidupan sang legenda Inggris ini.

Johnson memang bukan orang pertama yang menulis kamus Bahasa Inggris. Tetapi, para pendahulunya menjadi perbandingan yang buruk, karena hasilnya seringkali kaku dan membosankan. Dr. Johnson membutuhkan waktu selama 9 tahun untuk menulis kamus Bahasa Inggris. Kamusnya diterbitkan pada tahun 1755. Pada tahun 1928, ia berhasil menyelesaikan kamus Bahasa Inggris definitif sampai dengan kamus Oxford.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Sebabnya Betty La Fea Kembali Diperbincangkan!

Untuk menyelesaikan semuanya bukan hal mudah bagi Dr. Johnson. Keberuntungan seolah selalu menghindar darinya. Ia berjuang dengan sangat keras di antara wanita dan alkohol. Janjinya adalah menyelesaikan kamus Bahasa Inggris dalam kurun waktu 3 tahun. Namun semua itu tak sesuai hingga mencapai waktu yang lebih lama, 9 tahun. Ia juga merupakan salah satu lexicographers terbesar di dunia.

Kehidupannya memang penuh perjuangan. Johnson sering ditangkap oleh penagih hutang. Tak jarang ia bisa membayar hutang-hutangnya. Tetapi, ia selalu berhasil lolos dari para rentenir. Selain itu, Johnson juga dianggap mengidap Tourette’s Syndrome. Ini adalah kondisi yang tidak bisa didefinisikan di abad ke-18. Asumsi ini didapatkan dari biografi yang menjelaskan tentang perilaku aneh semasa Johnson masih hidup.

Google Doodle Siapa Sosok Penulis Kamus Inggris? | Breaktime
Kamus Bahasa Inggris Samuel Johnson
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Fakta Mengejutkan tentang The Dark Tower

Lebih mengejutkan lagi, Johnson yang dianggap sangat cerdas dan sangat berpengaruh dalam dunia sastra ini ternyata tak pernah menyelesaikan pendidikannya di Oxford. Ia tak pernah mendapatkan gelar sarjananya. Hal ini terjadi karena Johnson tak mampu membayar uang kuliahnya. Ia terpaksa meninggalkan sekolahnya dan banyak buku berharga hanya karena dia miskin. Sampai akhirnya ketika kamus karyanya akan diterbitkan, ia diberi gelas Master of Arts dari Oxford dan juga dianugerahi gelas Doktor Kehormatan pada 1765.

Kehidupan cintanya pun tak kalah mengejutkan. Ia memiliki seorang sahabat bernama Harry Porter yang akhirnya meninggal karena menderita penyakit parah. Sejak saat itu, ia semakin dekat dengan istri Porter yang bernama Elizabeth Johnson. Pernikahannya itu menimbulkan kontroversi, karena saat itu Johnson berusia 46 tahun, sedangkan Elizabeth masih 25 tahun.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Jerman, Ini Saksi Sejarah Nazi di Amerika

Kisah hidupnya itupun diabadikan oleh seorang penulis biografi, James Boswell, yang dikenalnya pada 16 Mei 1763. Saat itu usianya masih 22 tahun. Mereka berkenalan di toko buku milik teman Johnson, Tom Davies. Boswell dan Johnson pun tak butuh waktu lama untuk menjadi teman dekat. Johnson pun sampai memiliki julukan tersendiri untuk Boswell, yang akhirnya jadi salah satu quote paling terkenal,

"When a man is tired of London, he is tired of life; for there is in London all that life can afford."

Ini karena Boswell seringkali bepergian ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama.

That’s all, perjalanan hidup sang Bapak Kamus Modern yang penuh perjuangan dan kisah mengejutkan. Begitu banyak hal yang bisa diambil dari cerita hidupnya. Selamat ulang tahun Samuel Johnson! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE